Berikut Adalah Ban dengan Ukuran Terbesar di Dunia

Ban Terbesar di Dunia

Berikut Adalah Ban dengan Ukuran Terbesar di Dunia – Pernahkah kalian melihat secara langsung atau sekadar melihat di gambar ukuran ban-ban dengan ukuran raksasa? Misalnya saja ban truk tambang, atau alat berat tambang lainnya. Jika kalian mencari di google, maka kalian bisa melihat bahwa ukuran ban mereka bisa mencapai 2 kali tinggi manusia dewasa berdiri. Nah, kali ini Top Trust akan mengulas tentang deretan ban terbesar di dunia hingga saat ini.

Ban Terbesar di Dunia

1. Titan 63″ Tire

Untuk yang pertama adalah ban buatan Titan. Ban ini dikenal sebagai Titan 63 inci, merujuk pada diameter velgnya. Dimensinya adalah 59/80R63. Ban ini mulai diperkenalkan pada tahun 2008 dan saat ini menjadi ban tambang dengan produksi terbesar. Berat total ban ini mencapai 12.500 pon atau sekitar 5,5 ton. Tinggi ban ini mencapai 14 kaki atau sekitar 4,26 meter. Dengan ukuran yang begitu besar ini, Titan 63 inci memerlukan area produksi yang sangat luas. Pabriknya mencakup luas 2,32 hektar. Ban ini digunakan di tambang terbuka Kanada dengan umur pemakaian sekitar 5000 hingga 6000 jam.

Titan 63 Tire Ban Terbesar di Dunia

2. Firestone 70/70-57 L4 SRG

Selanjutnya adalah ban hasil produksi Firestone yang dirancang khusus untuk digunakan pada loader terbesar di dunia, LeTourneau L-2350. Firestone mengklaim bahwa ban ini merupakan ban terbesar di dunia, dengan tinggi atau diameter total mencapai 13 kaki atau 3,96 meter, lebar 1,77 meter, dan berat sebesar 8 ton (6,8 ton tanpa velg). Dengan ukuran 70/70 dan diameter velg 57 inci, tentu saja ban ini memiliki harga yang tinggi karena bahan baku yang digunakan, proses produksi yang memakan waktu lama, dan upaya yang diperlukan untuk membuat setiap ban. Harganya mencapai 135.000 USD.

Firestone 707057SRG Ban terbesar di dunia

3. Goodyear RM-4B+ 63 inch

Kemudian, dengan ukuran diameter velg 63 inci, ada juga produksi ban oleh Goodyear. Ban ini pertama kali dipamerkan pada MINExpo 2016, tepatnya pada tanggal 26 September 2016 di Las Vegas, Nevada. Ban dengan model RM-4B+ ini menonjol dengan diameter total mencapai 13 kaki atau 3,96 meter.

4. Michelin XDR 59/80R63

Masih dengan ban dengan ukuran rim 63 inci, Michelin sebagai pemain besar dalam industri ban tidak ketinggalan dengan produknya yaitu Michelin XDR 59/80R63. Dengan ukuran diameter 4.03 meter, lebar 1.5 meter, dan berat 5.3 ton, ban buatan Michelin ini ikut andil di panggung ban terbesar.

5. Bridgestone 59/80R63 V Steel

Selanjutnya ada produk dari perusahaan ban asal Jepang, yaitu Bridgestone. Dengan produknya Bridgestone 59/80R63 V Steel yang memiliki ukuran diameter total 4.02 meter, lebar 1.46 meter, dan berat mencapai 5.37 ton, maka persaingan ban dengan ukuran terbesar ini sudah terisi oleh merek-merek besar dunia. Mungkin yang belum ada adalah ban Giti saja.

Perlu kalian ketahui, bahwa untuk ban dengan ukuran 63 inci, semuanya hampir sama ukurannya. Selain itu, ban-ban tersebut juga merupakan ban yang masih aktif digunakan di pertambangan hingga saat ini, tentunya untuk jenis ban truk. Namun, tentu saja dengan ukuran sebesar itu tidak mungkin digunakan sebagai ban truk canter, atau ban-ban di jalan raya.

6. Firestone Alaska Tundra Tyres

Ban ini tidak dimaksudkan untuk digunakan pada truk seperti yang sebelumnya disebutkan. Sebenarnya, ban ini awalnya digunakan oleh militer AS pada tahun 1950 untuk alat transportasi yang dikenal sebagai Snow Training. Namun, kemudian ban ini digunakan pada monster truck yang dikenal sebagai Big Foot 5 yang dibuat khusus untuk menggunakan ban tersebut pada tahun 1986. Big Foot 5 memiliki tinggi sekitar 10 kaki atau sekitar 3 meter. Saat ini, ban dan Big Foot 5 sendiri telah menjadi objek pajangan dan tidak lagi digunakan secara aktif.

Firestone Tundra Alaska

7. HESTER TIRE

Hester Tire merupakan ban yang dirancang sebagai monumen. Ban ini diproduksi oleh Michelin setelah diminta secara khusus oleh Reynald Heister untuk dipajang secara permanen sebagai monumen di depan dealernya di Baldenborough, USA. Ban ini memiliki diameter total sebesar 14 kaki dan menggunakan dimensi 59/80R63, yang merupakan ukuran umum untuk ban earthmover seperti ban 63 inci lainnya.

Hester Tire

8. Uniroyal Giant Tyre

Ban Uniroyal Giant Tyre adalah ban raksasa yang terkenal sebagai ikon dan objek wisata. Ban ini awalnya diproduksi oleh Uniroyal Tire pada tahun 1964 sebagai bagian dari pameran Pameran Dunia New York. Ban ini memiliki tinggi sekitar 12 kaki dan berdiameter sekitar 25 kaki, menjadikannya salah satu ban terbesar yang pernah dibuat.

Uniroyal tire

Uniroyal Giant Tyre pertama kali dipamerkan di Queens, New York, dan kemudian dipindahkan ke lokasi berbeda di negara bagian Michigan, AS. Ban ini menjadi daya tarik wisata yang populer, dengan pengunjung dapat melihat secara langsung ukuran dan keunikannya yang luar biasa.

Uniroyal Giant Tyre juga sering digunakan sebagai simbol dan logo perusahaan Uniroyal Tire. Meskipun ban ini tidak digunakan secara aktif pada kendaraan, kehadirannya telah menjadi ikonik dan terus menarik minat pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Penulis