Bikin Usaha Bengkel Mobil/Truk? Begini Tipsnya Biar Untung

Usaha Bengkel Mobil Truk

Bikin Usaha Bengkel Mobil/Truk? Begini Tipsnya Biar Untung – Kalian yang lulusan SMK Teknik Mesin, otomotif, atau jurusan lainnya yang berhubungan dengan reparasi alat transportasi terutama mobil dan truk, tentunya memiliki keahlian di bidang tersebut. Mulai dari servis rutin mesin kendaraan, spooring & balancing ban mobil/truk, ganti oli mobil/truk, serta banyak lagi hal-hal penting terkait perawatan kendaraan tentunya sudah menjadi makanan kalian sehari-hari dan bahkan bisa jadi sudah hafal di luar kepala.

Semakin banyaknya kendaraan atau alat transportasi yang digunakan di jalanan, tentu saja kebutuhan akan servis, perawatan, hingga perbaikan juga akan semakin banyak dibutuhkan. Artinya, bengkel mobil maupun bengkel truk sangatlah banyak dibutuhkan. Ini adalah sebuah perluang usaha yang bisa kalian ambil dan bahkan memang sudah banyak yang masuk dalam dunia usaha perbengkelan ini.

Baca juga: Ban Mobil, Peluang Bisnis yang Terus Berkembang

Nah, untuk kalian yang baru berniat atau baru kepikiran tetapi masih ada rasa takut, khawatir, bingung mulai dari mana, Top Trust memiliki beberapa tips yang semoga bisa kalian jadikan referensi untuk memulai usaha bengkel mobil/truk pertama kalian ya.

Tips Membangun Usaha Bengkel Mobil/Truk

1. Tentukan Segmentasi Customer

Usaha apapun itu, yang wajib ditentukan di awal adalah siapa calon customer atau pelanggan kita. Oke, di awal tadi kita sudah menentukan peluang yang ada dari banyaknya kendaraan mobil maupun truk di jalanan maka kebutuhan akan bengkel juga semakin banyak. Namun, jangan membuat bengkel dengan tujuan “semua pemilik mobil/truk butuh bengkel” sehingga menyimpulkan harus menyediakan semuanya, mulai dari servis rutin, servis ringan, berat, ban bocor, ganti oli, dan semuanya diambil bahkan tanpa tahu spesifik siapa yang disasar.

Betul kalian akan membuat bengkel, tapi coba dispesifikkan bengkel apa terlebih dahulu agar semakin fokus mencari pasar dan diferensiasi nantinya. Kita coba contoh misalnya fokus bengkel ban mobil & truk. Artinya, calon pelanggan kalian adalah pengguna mobil atau truk yang bannya kempes, bocor, atau memang sudah ingin ganti ban.

2. Tentukan Lokasi Bengkel

Yang kedua adalah penentuan lokasi bengkel. Ini poin yang sangat penting juga sebenarnya untuk bengkel. Semakin bengkel kalian mudah ditemukan dan dilihat, maka semakin besar pula kemungkinan bengkel kalian dikunjungi oleh calon pelanggan. Misalnya saja untuk bengkel ban mobil/truk, kalian bisa mencari lokasi di pinggir jalan raya agar mudah ditemukan. Namun, jika memungkinkan, cobalah cari lokasi-lokasi yang di situ banyak berkumpul para sopir, dekat rumah makan, dekat dengan rest area, atau tempat-tempat lain yang kalian amati banyak sopir-sopir singgah.

3. Tentukan Cara Promosi

Selanjutnya adalah promosi. Sebagus apapun skill kalian, sebagus apapun pelayanan kalian, tidak akan ada orang yang tahu jika tidak ada usaha mempromosikan. Banyak sekali UMKM yang tidak peduli atau tidak memikirkan strategi marketing atau promosi ini. Padahal para pengusaha besar sangat menitikberatkan bisnisnya dengan strategi marketing atau promosi yang tepat. Maka dari itu, coba kalian pikirkan terlebih dahulu, bagaimana kalian akan memasarkan atau menarik calon pelanggan menjadi pelanggan. Ada banyak sekali metode marketing atau pemasaran ini, namun mungkin yang bisa dibilang lebih mudah dilakukan adalah digital marketing.

Mari kita coba pakai contoh bengkel ban mobil & ban truk tadi. Semua orang sekarang menggunakan smartphone dalam kesehariannya. Jika usaha kalian adalah bengkel ban mobil dan truk, tentunya calon pelanggan kalian salah satunya adalah yang mengalami ban mobil bocor. Maka dari itu, kalian harus mendaftarkan bengkel kalian di Google Maps, agar jika ada orang di sekitar bengkel mencari tambal ban mobil terdekat, bengkel kalian akan muncul. Jangan lupa cantumkan nomor telepon yang aktif, agar mereka bisa menghubungi. Berikan juga layanan misalnya pelanggan tidak perlu datang, tapi kalian yang akan mendatangi mereka, atau istilahnya tamban ban panggilan. Pastikan untuk menambahkan biaya tambahan ya.

Selain itu, kalian juga bisa coba menjual ban mobil secara ecer di e-commerce misalnya, dengan layanan tambahan gratis pemasangan. Kemungkinan besar calon pembeli di sekitar lokasi bengkel kalian akan tertarik karena ada pemasangan gratis. Ini bisa kalian promosikan melalui media sosial seperti Instagram maupun Tiktok. Nah, di sini kemungkinan akan sedikit lama jika tanpa iklan. Maka sedikit dibutuhkan budgeting untuk ngiklan di media sosial ataupun Google Ads. Selain itu, masalah selanjutnya adalah harga. Meskipun gratis pemasangan, kalian tetap harus untuk dari penjualan bannya tadi. Itulah mengapa kalian perlau mencari distributor ban mobil & ban truk yang murah agar kalian bisa menjual ulang dengan margin keuntungan lebih.

4. Beli Ban Mobil/Truk Grosir Murah di Top Trust

Seperti penjelasan sebelumnya, permasalahan yang pasti muncul adalah masalah harga. Ini sangat-sangat penting untuk diperhatikan. Kalian bisa membentuk harga sesuka kalian karena itu bengkel kalian. Tapi, alangkah baiknya untuk tidak terlalu berbeda dengan kompetitor atau bengkel ban lainnya agar tidak menimbulkan stigma negatif bahwa bengkel kalian ini overprice atau terlalu mahal.

Nah, agar kalian bisa menjual ban mobil/truk dengan harga yang sama dengan bengkel lain, bahkan bengkel besar sekalipun, kalian perlu membeli ban dari distributor utama agar mendapatkan margin yang lumayan banyak. Top Trust adalah distributor ban mobil dan ban truk dengan pilihan terlengkap, mulai dari merek hingga ukurannya. Kalian bisa memilih mulai dari ban Bridgestone, ban Giti, ban truk Gajah Tunggal, dan ban-ban dari merek terbaik lainnya. Harga ban di Top Trust sangatlah terjangkau apalagi untuk kalian pemilik usaha bengkel atau penjual ban ecer. Hanya dengan pembelian minimal 10 pcs, kalian bisa mendapatkan banyak potongan harga. Meskipun lokasi Top Trust ada di Surabaya, kalian bisa memesannya secara online dan menunggu barang dikirim. Tidak perlu takut, karena sudah ratusan customer kami yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Top Trust sudah terkenal sebagai distributor ban mobil & ban truk yang terpercaya.

Segera hubungi sales online Top Trust melalui tombol WA di pojok kanan bawah dan dapatkan penawaran harga terbaik.

Itulah 4 tips untuk kalian yang berniat untuk membangun usaha bengkel mobil atau bengkel truk agar cuan maksimal. Mari mengembangkan ekonomi negeri dengan memperbanyak UMKM di Indonesia. Top Trust siap bantuk kalian para UMKM bengkel untuk naik level dengan menyuplai ban mobil, ban truk, velg, hingga oli mesin dengan harga yang sangat terjangkau.

Penulis