Cara Membaca Kode / Ukuran Ban Truk yang Benar

Membaca kode ban truk

Cara Membaca Kode / Ukuran Ban Truk yang Benar – Sebagai pemilik atau driver truk tentunya penting untuk mengetahui ukuran ban yang dipakai truknya. Hal ini dikarenakan menggunakan ban yang cocok dan sesuai ukurannya adalah salah satu aspek penting dalam merawat truk itu sendiri. Mengetahui ukuran ban truk dapat dilakukan dengan membaca kode yang tertera pada ban. Lantas bagaimana jika membaca kode ban saja belum bisa?

Tenang saja, Top Trust akan memberikan tips dan langkah-langkah simpel bagaimana cara membaca kode ban truk yang benar. Penting untuk diingat, cara membaca kode / ukuran ban truk berbeda dengan cara membaca kode ban mobil. Langsung saja berikut cara membaca kode ban truk.

Cara Membaca Kode Ban Truk

Sebagai studi kasus, kita akan memakai kode ban 7.50R16 atau yang biasa disebut ban 750 16.

Kode ban: 7.50R16 14PR 123/121 L

  1. Angka 7.50 berarti lebar ban adalah 7.5 dalam satuan inch. Diukur dari tepi ke tepi.
  2. Huruf R menandakan bahwa ban tersebut tipe radial.
  3. Angka 16 menunjukkan diameter rim atau velg adalah 16 inch.
  4. 14PR menunjukkan ply rating dari ban bernilai 14. Ply rating adalah ketebalan lapisan ban, semakin besar nilainya maka semakin tebal.
  5. 123/121 menunjukkan load index atau indeks beban 123 untuk single (ban tunggal) dan 121 untuk double (ban ganda). Artinya beban yang dapat ditopang oleh tiap ban untuk tipe ban tunggal adalah 1550 kg dan untuk ban ganda adalah 1450 kg. Anda dapat melihatnya melalui tabel indeks beban atau load index ban. Alasan mengapa ban ganda malah lebih kecil beban maksimumnya adalah agar kendaraan dapat dipastikan masih bisa berjalan meskipun hanya satu ban saja yang bekerja (terjadi kondisi rusak salah satu ban).
  6. Huruf L menunjukkan simbol speed index atau indeks kecepatan ban. Untuk huruf L artinya ban dapat digunakan hingga kecepatan maksimal 120 km/jam. Anda juga bisa melihatnya melalui tabel indeks kecepatan ban.

Contoh kedua, kita akan memakai kode ban 10.00-20 atau yang biasa disebut ban 1000.

Kode ban: 10.00-20 16PR 146/142 K

  1. Angka 10.00 berarti lebar ban adalah 10 dalam satuan inch. Diukur dari tepi ke tepi.
  2. Tidak ada Huruf R, diganti dengan tanda “” menandakan bahwa ban tersebut tipe bias.
  3. Angka 20 menunjukkan diameter rim atau velg adalah 20 inch.
  4. 16PR menunjukkan ply rating dari ban bernilai 16. Ply rating adalah ketebalan lapisan ban, semakin besar nilainya maka semakin tebal.
  5. 146/142 menunjukkan load index atau indeks beban 146 untuk single (ban tunggal) dan 142 untuk double (ban ganda). Artinya beban yang dapat ditopang oleh tiap ban untuk tipe ban tunggal adalah 3000 kg dan untuk ban ganda adalah 2650 kg. Anda dapat melihatnya melalui tabel indeks beban atau load index ban.
  6. Huruf K menunjukkan simbol speed index atau indeks kecepatan ban. Untuk huruf K artinya ban dapat digunakan hingga kecepatan maksimal 110 km/jam. Anda juga bisa melihatnya melalui tabel indeks kecepatan ban.

Itulah 2 contoh cara studi kasus yang bisa anda terapkan juga di semua ban truk. Namun memang ada perbedaan dengan cara membaca kode ban mobil.

Urusan ban mobil dan ban truk, Top Trust menyediakan berbagai produk dengan merek terkenal seperti ban Bridgestone, ban Giti, ban GT Radial, ban Gajah Tunggal, ban Sailun, ban Dunlop, ban Epco, ban Swallow, ban Aeolus, dan ban Goodyear. Selain itu, kami juga menyediakan grosir oli mesin mobil dan oli mesin truk dengan merek-merek terkenal.

Penulis