Berikut Ukuran Bak Truk Engkel 4 & 6 Roda

Ukuran Bak truk Engkel 4 roda

Berikut Ukuran Bak Truk Engkel 4 & 6 Roda – Truk engkel 4 roda maupun yang 6 roda adalah truk yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Dengan bodi yang tidak terlalu memakan tempat, truk engkel bisa melewati jalur-jalur yang sempit namun muatan tetap banyak dan kekuatan untuk menahan muatan tetap besar. Bisa dibilang di setiap lini wilayah, hingga ke perkampungan yang sempit, truk engkel menjadi salah satu alat transportasi pengangkut yang pasti ada. Pemiliknya bukan hanya dari perusahaan tapi perorangan.

Truk engkel 4 roda dan 6 roda ini umumnya menggunakan ban ukuran 750 15 dan 750 16. Umumnya untuk truk engkel 4 roda memiliki kekuatan angkut yang kurang jika dibandingkan dengan yang menggunakan 6 roda. Nah, sebenarnya jika mengacu pada teori, engkel ini adalah konfigurasi di mana terdapat 1 sumbu roda depan dan 1 sumbu roda belakang. Ada truk engkel yang berukuran besar dan menggunakan ukuran ban 1100R20 atau ban 1000. Tapi memang rata-rata umumnya adalah truk dengan ukuran ban 750R16 dan 750R15 seperti pada Hino 300 atau Toyota Dyna.

Kapasitas & Ukuran Bak Truk Engkel

Ukuran Bak Truk Engkel 4 Roda

Selanjutnya adalah ukuran atau kapasitas bak truk engkel itu sendiri. Jika diurut dari yang paling kecil, maka tentunya adalah truk CDE atau engkel 4 roda. Umumnya, berat chasis termasuk kabin dari truk engkel 4 roda adalah 2 ton. Sedangkan GVW (Gross Vehicle Weight) atau berat total dengan maksimum muatannya kisaran 5 hingga 5,5 ton. Artinya, kekuatan bak truk engkel dalam mengangkut muatan adalah 3 – 3,5 ton. Sedangkan untuk volume berada pada kisaran 4 – 6 meter kubik (m3).

Kapasitas hingga 3 ton lebih dengan volume hingga 6 m3 ini tentunya menjadi hal yang sangat penting serta menjadi keunggulan dari truk engkel. Karena di samping ukuran kendaraannya yang masih bisa melalui jalur-jalur sempit hingga ke perkampungan, muatan yang dapat dibawa masih sangat masif. Tidak heran jika truk-truk yang ada di halaman depan atau parkiran rumah-rumah di daerah perkampungan adalah truk engkel, terutama truk engkel 4 roda.

Ukuran Bak Truk Engkel 6 Roda

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, truk engkel 6 roda ini ada yang sudah menggunakan ukuran ban 1100 meskipun rata-rata adalah truk dengan ukuran ban 750R16.

Ukuran Bak Truk Engkel 6 Roda (Ban 750 16)

Truk engkel 6 roda atau biasa juga disebut truk engkel dobel atau CDD adalah salah satu jenis truk yang masih masuk pada golongan truk ringan atau light truck. Bentuk dan ukurannya sangat mirip dengan truk engkel biasa atau CDE. Truk ini umumnya memang menggunakan ban ukuran 750-16 yang berjumlah 6 yang terdiri dari 2 roda di sumbu depan dan 4 roda di sumbu belakang.

Melihat konfigurasi di atas tentunya seyogyanya engkel dobel memiliki kekuatan dan kapasitas angkut yang lebih besar dibandingkan dengan truk engkel biasa. Umumnya, berat chasis dan kabin dari truk engkel dobel adalah 2,3 – 2,5 ton. Artinya dia memiliki berat chasis 300 – 500 kg lebih berat dibandingkan dengan truk engkel biasa. Untuk GVW dari engkel dobel berada pada kisaran 8 – 8,3 ton. Jadi, kekuatannya untuk mengangkut muatan bisa mencapai 6 ton. Sedangkan untuk volumenya bisa mencapai 8 – 10 meter kubik.

Ukuran Bak Truk Engkel 6 Roda (Ban 1000 & 1100)

Yang terakhir adalah yang terbesar, yaitu kelas truk engkel yang menggunakan ukuran ban 1000 atau ban 1100. Ada beberapa truk engkel yang masuk ke dalam golongan truk ukuran medium. Dengan ukuran ban 1000 atau 1100 tentunya ukuran truk itu sendiri akan lebih besar dibandingkan truk engkel yang lainnya.

Kekuatan angkut dari truk engkel 6 roda tipe ini umumnya berada di kisaran 10 ton. Ini diperoleh dari berat chasis dan kabin yang mencapai 5 – 6 ton dan GVW mencapai 16 ton. Ukuran volume bak truk engkel ini bisa mencapai 20 meter kubik jika yang digunakan sebagai bak atau kontainernya adalah tipe yang langsung menempel di chasis truk. Namun, ada juga tipe truk engkel yang hanya digunakan sebagai penarik kontainer yang nantinya umum disebut sebagai tractor head. Artinya bak atau kontainernya berada pada chasis yang berbeda dari kabinnya dan inilah yang nantinya disebut sebagai truk trailer.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ukuran bak truk engkel 4 roda dan 6 roda. Perlu digarisbawahi, engkel ini adalah bentuk konfigurasi sumbu roda pada truk yang di mana terdapat 1 sumbu di depan dan 1 sumbu di belakang. Meskipun masyarakat kita umumnya menganggap truk engkel adalah truk-truk yang menggunakan ukuran ban 750 15 maupun 750 16, sebenarnya masih ada lagi jenis lain yang bahkan masuk dalam golongan truk medium dan tentunya memiliki kapasitas angkut bak yang lebih besar dan banyak.

Dapatkan Ban Truk Engkel Terbaik di Top Trust

Apapun truk engkel yang Anda miliki, apakah engkel 4 roda maupun 6 roda, Top Trust adalah toko ban truk terbaik yang akan memenuhi kebutuhan ban truk engkel Anda. Berbagai pilihan dari merek terkenal dengan reputasi cemerlang bia Anda dapatkan di toko ban kami. Kami juga menerima grosir ban truk dengan potongan harga yang menarik untuk Anda. Semakin banyak beli, semakin banyak potongan, semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan.

Segera hubungi sales online Top Trust untuk mendapatkan penawaran terbaik melalui tombol WA berikut.

Penulis