Jenis-Jenis Truk Berdasarkan Ukuran, Kapasitas, & Jumlah Ban

jenis jenis truk

Jenis-Jenis Truk Berdasarkan Ukuran, Kapasitas & Jumlah Ban – Truk adalah jenis kendaraan yang sering digunakan untuk mengangkut barang-barang kecil maupun besar seperti elektronik, box, kayu, batu, pasir, hasil tambang, dan masih banyak lagi. Kendaraan truk ini sangat membantu manusia untuk mengirim atau memindahkan suatu barang dengan sekali atau beberapa kali angkut.

Jenis-jenis truk berbeda-beda tergantung kebutuhannya, karena fungsi dan kegunaannya juga berbeda. Contohnya saja dump truck dan truk ringan seperti pick up. Meskipun keduanya sama-sama truk pengangkut barang, namun dari segi ukurannya saja sudah berbeda, apalagi kapasitas muatannya. Tentu saja ini menjadi bertimbangan saat membeli truk atau ban truk.

Jika digolongkan, perbedaan jenis truk dapat dibedakan dari segi muatan yang diangkut, jumlah rodanya, dan kapasitas muatannya. Berikut adalah jenis-jenis truk yang ada di Indonesia.

Jenis Jenis Truk Berdasarkan Ukuran, Kapasitas & Jumlah Ban

Truk Pick Up

Jenis truk muatan yang pertama adalah pick up yang sering kita lihat di jalanan. Pick up adalah jenis kendaraan truk muatan ringan yang sering digunakan untuk kepentingan komersial seperti antar jemput barang atau membawa muatan barang. Rata-rata kapasitas maksimal daya angkut barang pick up adalah 1 ton.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Pick up memiliki 3 varian yang terkenal di Indonesia yaitu L300, carry, dan gran max. Pada umumnya L300 dan carry miliki bak yang terbuka dan di pakai untuk mengambil dan mengantarkan barang pindahan atau muatan. Sedangkan gran max miliki bak tertutup yang biasanya di pakai untuk mengantar paketan barang, tujuannya untuk menghindari sinar matahari dan hujan. Anda juga dapat membeli ban pickup di toko ban Top Trust.

Ukuran Ban: 5.00-12, 5.50-13, 6.40-13, 700-14, 165R13, 175R13, 185R14, 195R14, 195R15, 165/80R13

Truk Ringan (Light Truck) / Truk Engkel

Light truck / truk ringan

Selanjutnya adalah jenis truk ringan atau light duty truck dan biasa juga disebut dengan truk engkel. Truk ini memiliki kapasitas, dimensi, dan kemampuan untuk mengangkut beban yang lebih besar dibandingkan dengan pickup. Jika rata-rata pick up dapat membawa beban hingga 1 ton, maka kapasitas dump truck ringan atau light truck mampu membawa beban hingga 6 ton. Jadi, meskipun istilahnya adalah truk ringan, ukuran truk engkel ini tetap lebih besar daripada mobil biasa atau pickup dengan kekuatan yang lebih besar juga.

Dengan kemampuan seperti itu, tentu saja jenis mesin, jumlah ban dan ukuran ban yang digunakan juga berbeda. Meskipun memang sistem konfigurasi penggeraknya masih 4×2, akan tetapi ukuran ban yang digunakan adalah ban 750-15 dan ban 750 16. Selain itu, untuk jenis truk ringan ini, ada varian dengan 4 ban dan 6 ban (2 depan dan 4 belakang). Kapasitas muatan truk engkel 4 roda bisa mencapai 3,5 ton, sedangkan untuk kapasitas muatan dump truck 6 roda bisa mencapai 6 ton.

Untuk brand atau merek truk ringan yang dipasarkan di Indonesia ada banyak, namun yang paling terkenal adalah Mitsubishi Colt Diesel Canter yang biasa disebut dengan truk CDE (4 ban) dan truk CDD (6 ban), dan Hino 300 Series. Sebenarnya merek truk lain seperti Volvo, Isuzu, dan brand lain juga memiliki varian ini, namun masih kurang diminati masyarakat. Bahkan saking terkenal dan melekatnya di masyarakat kita, banyak yang menyebut truk ringan ini (dari merek apapun) dengan sebutan truk canter atau truk colt diesel padahal keduanya adalah tipe truk dari Mitsubishi. Begitulah jika sebuah brand sudah mengakar dan menjadi top of mind di tengah masyarakat. Masyarakat juga banyak yang memiliki jenis truk ringan ini dari merek apapun, saat mencari ban yang cocok, mereka menanyakan ban truk canter atau ban colt diesel. Kapasitas muatan truk colt diesel sendiri sama dengan truk engkel pada umumnya.

Ukuran Ban: 7.50-15, 7.50-16

Medium Truck (Truk FUSO, HINO 500, dll.)

Medium Truck

Truk jenis ini bentuknya mirip semua, namun yang berbeda adalah dari segi volume dan kapasitas muatannya. Bahkan secara bentuk, dump truck ukuran medium ini hampir sama dengan light truck. Hanya saja, dimensi, kapasitas, hingga beban yang dapat diangkut terpaut jauh sekali. Beban muatan yang bisa diangkut dan dibawa oleh dump truck jenis ini berkisar antara 10 hingga 20 ton bergantung pada jenisnya juga.

Dengan kapasitas angkut seberat itu, tentunya ukuran dari truk jenis ini bisa dibayangkan pasti lebih besar daripada golongan light truck. Jumlah ban, ukuran ban, bahkan sistem gerak truk juga tentunya lebih tinggi dan bermacam-macam tergantung dari kebutuhan dan fungsinya.

Untuk ukuran ban truk, biasanya truk medium akan memakai ukuran ban 1000 20 atau ban 1100 20. Untuk sistem konfigurasi penggeraknya memang masih ada yang menggunakan sistem 4×2, namun rata-rata sudah menggunakan 6×2 atau 6×4. Jumlah ban yang dipakai minimal adalah 6 ban untuk sistem 4×2, dan 10 ban untuk konfigurasi 6×2 dan 6×4.

Untuk merek truk di Indonesia dengan segmen ukuran medium yang banyak dipakai oleh masyarakat adalah truk FUSO dari Mitsubishi, Hino 500 Series dari Hino, dan Isuzu Giga dari Isuzu. Truk-truk ini biasanya digunakan juga untuk mengangkut barang-barang hasil tambang seperti kelapa sawit, kayu, pasir, batu, dan lainnya. Kapasitas truk FUSO, truk Hino 500, ataupun Isuzu Giga semuanya bervariasi dengan kisaran 10 hingga 20 ton.

Ukuran Ban: 10.00-20 (ban 1000 20), 11.00-20 (ban 1100 20)

Truk Tronton, Trintin, dan Trinton

Truk Tronton

Selanjutnya adalah jenis truk tronton, trintin, dan trinton. Ketiganya memiliki nama yang hampir sama, namun tetap memiliki beberapa perbedaan. Truk ini sangat laris di pasaran karena sering digunakan untuk mengangkut barang-barang logistik dan pertambangan dalam jumlah yang banyak.

Sebenarnya, truk tronton dan trintin sendiri masuk pada golongan truk medium hingga truk berat bergantung pada kapasitas dan dimensi dari truk tersebut. Sedangkan untuk truk trinton sudah masuk dalam golongan truk berat dengan kapasitas angkut dapat mencapai berat total 40 ton.

Sebenarnya, tronton, trintin, dan trinton memiliki perbedaan yang mencolok. Yang paling banyak dikenal oleh masyarakat adalah jenis truk tronton, karena memang yang paling umum ada di jalanan. Berikut adalah ilustrasi perbedaan tronton, trintin, dan trinton.

perbedaan tronton, trintin, dan trinton

Jika dilihat dari ilustrasi konfigurasi ban truk di atas, terlihat jelas perbedaan satu dengan lainnya. Untuk mengetahui lebih rinci setiap salah satunya, berikut pembahasan yang lebih terperinci untuk masing-masing .

Truk Tronton

Truk tronton umumnya menggunakan konfigurasi 6×2 atau 6×4 dengan kombinasi 2 roda untuk as depan, 4 roda untuk as tengah, dan 4 roda untuk as belakang. Umumnya, as roda yang digerakkan langsung oleh mesin truk adalah as roda tengah untuk 6×2. Sedangkan untuk konfigurasi sistem 6×4, mesin menggerakkan langsung as roda tengah dan belakang.

Truk Trintin

Masih sama, menggunakan 3 as roda, namun dengan kombinasi roda yang berbeda. Truk trintin memiliki 2 roda pada as depan, 2 roda pada as tengah, dan 4 roda pada as belakang. Mesin pada truk trintin menggerakkan roda belakang, sedangkan asa roda depan dan tengah dimaksimalkan sebagai pengarah gerakan truk. Truk trintin menggunakan sistem FWS (Four Wheel Steering), yaitu terdapat 4 roda (2 as roda) yang bergerak saat kemudi diputar.

Dengan adanya sistem FWS, maka truk trintin dapat bermanuver dengan sangat bagus meskipun dalam kecepatan tinggi. Namun, biasanya ukuran truk trintin tidak lebih besar dibandingkan dengan truk tronton.

Truk Trinton

Yang ketiga adalah trinton. Jenis truk ini adalah gabungan dari truk trintin dan tronton. Truk trinton memiliki ukuran dan kapasitas paling besar dibandingkan dengan tronton dan trintin. Mengikuti sistem pada truk trintin, truk trinton menggunakan sistem FWS di mana 2 as roda depan difungsikan sebagai pengarah gerakan truk. Sedangkan di belakang, terdapat 2 as dengan masing-masing berisi 4 roda dan keduanya digerakkan oleh mesin.

Jumlah as total adalah 4, dengan kombinasi 1.1, 1.1, 2.2, 2.2 untuk jumlah rodanya. Sistem geraknya adalah 8×4 dengan jumlah total 12 roda. Ban truk untuk truk sebesar ini umumnya sudah menggunakan ukuran 12.00R24.

Ukuran Ban: 10.00-20, 11.00-20, 12.00-24

Truk Wingbox

Jenis truk wingbox adalah truk tipe armada yang lebih favorit, karena memiliki banyak keunggulan yaitu sisi kanan, kiri, dan belakang bisa di buka semua. Jadi dapat memudah menurunkan dan menaikkan barang dengan cepat saat pengerjaan muatan barang.

Sering kali truk wingbox ini disebut oleh orang-orang truk tronton wingbox atau engkel wingbox, karena memiliki sumbu ban yang mirip dengan truk tronton. Kemudian untuk kemampuan kapasitas beban muatan dari truk wingbox ini adalah rata-rata 20 ton atau lebih tergantung jenis truk wingboxnya.

Ukuran Ban: 750-16. 11R22.5, 1000-20

Truk Trailer

Bagaimana Memilih Ban Truk Yang Tepat Untuk Anda

Truk satu ini adalah salah satu jenis truk kelas berat yang di gunakan sebagai armada transportasi yang mempunyai daya angkut sangat besar daripada truk lainnya. Karena truk ini mampu mengangkut muatan sekitar 20 hingga 60 ton. Kemudian truk trailer ini memiliki 4 hingga 6 sumbu dengan mempunyai 16 sampai 26 buah ban.

Oleh sebab itu truk trailer ini biasa selalu di gunakan sebagai kargo untuk pengiriman barang-barang besar, ban-ban besar, kendaraan berat, dan lainnya. Truk ini biasanya sering mengangkut contrainer atau disebut peti kemas yang menjadi wadah untuk mengirim barang ke tempat tujuan. Makanya dari itu truk ini sering di temukan di daerah pelabuhan.

Ukuran Ban: 1000-20, 11. 00-20, 12.00-20

Baca juga: Bagaimana Memilih Ban Truk Yang Tepat Untuk Anda

Jangan lupa untuk membeli ban mobil dan ban truk terbaik di toko kami Top Trust yang berlokasi di Surabaya. Selain itu, kami juga menyediakan oli mesin mobil dan oli mesin truk dari Shell dan Pertamina.

Penulis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *