Ketahui Waktu Ideal Ganti Oli Gardan Pada Mobil

Ketahui Waktu Ideal Ganti Oli Gardan Pada Mobil

Oli Gardan adalah untuk pelumas transmisi gigi mobil supaya perpindahan gigi mobil lancar. Bukan hanya itu, oli gardan ini juga melindungi pinion gear supaya tidak bersenggolan dengan bearing. Untuk penggantian oli gardan supaya lancar, sebaiknya diganti saat kilometer mencapai 10.000 km. Biasanya ciri-ciri oli gardan mobil harus diganti adalah berbarengan saat mengganti oli transmisi. Agar penggantian gigi mobil dapat berfungsi dengan baik, maka ganti oli gardan tepat waktu dan kenali ciri-ciri oli gardan mobil yang sudah harusnya diganti.

Bagaimana├é Ciri-ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti?

Cukup mudah, hanya ganti oli gardan tetap waktu saja. Tapi kebanyakan pemilik mobil tidak tahu ciri-ciri oli gardan harus diganti. Hal hasil, transmisi gigi mobil cepat rusak dan tidak nyaman di gunakan. Maka dari itu artikel ini akan memberi tahu tentang ciri-ciri oli gardan harus diganti. Berikut penjelasan di bawah ini.

1. Muncul Gejala-gejala Dari Gardan

Salah satu tanda bahwa oli gardan minta diganti adalah munculnya tanda-tanda gejala seperti terdengar suara mendengung dari bawah mobil dan di tambah lagi dengan getaran bagian body mobil ketika mobil saat melewati jalan yang menurun dan juga munculnya suara ketika berbelok.

Gejala-gejala tersebut di sebabkan oleh oli gardan yang sudah tidak mampu melumasi gigi mobil dengan baik. Hal hasil permukaan gigi mobil menjadi tidak licin dan akhirnya menimbulkan bunyi-bunyi atau getaran yang tidak wajar. Segera cek kondisi mobil Anda jika muncul gejala-gejala seperti ini.

Baca juga : Apa Saja Jenis jenis Oli yang Wajib Diketahui

2. Melewati Batas Penggantian Oli Gardan

Setiap komponen mobil memiliki batas pemakaiannya sebelum diganti yang baru. Begitu juga dengan oli gardan di mobil. Oli gardan ini memiliki batas pemakaiannya agar tidak merusak komponen gardan. Namun setiap mobil memiliki batas penggantian oli gardan yang berbeda-beda.

Pada dasarnya penggantian oli gardan ketika sudah mencapai jarak tempuh 40.000 km atau diganti setiap 2 tahun sekali, yang mana terlebih dulu. Tapi jika diganti lebih cepat itu lebih baik. Karena akan menjaga performa tetap baik dan stabil.

Ingat, catatlah sesudah Anda ganti oli gardan. Karena dengan itu Anda dapat mengetahui kapan harus ganti oli gardan Anda. Jangan sampai Anda lupa menggantinya karena itu dapat merusak gardan di mobil Anda.

Oleh sebab itu ingatlah untuk ganti oli gardan tepat waktu. Jika tidak, maka gigi mobil Anda akan mengalami kerusakan hingga bisa jebol dan mobil Anda tidak dapat di gunakan lagi sampai perbaikan selesai. Ingat biaya service mobil itu mahal, jadi rutinlah untuk membawah mobil Anda ke bengkel untuk memalukan perawatan. Jangan sampai Anda harus mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan perbaikan karena gigi mobil Anda rusak. Yuk rawat mobil Anda dengan baik sehingga Anda dapat melalukan aktivitas secara lancar dengan mobil Anda.

Anda juga bisa mendapatkan oli gardan mobil, oli mesin mobil, dan oli mesin truk di Top Trust – Toko grosir ban mobil, ban truk, dan oli di Surabaya.

Penulis