Macam-Macam & Jenis Oli Mesin Pertamina & Kecocokannya

Macam-macam jenis Oli Pertamina

Macam-Macam & Jenis Oli Mesin Pertamina & KecocokannyaPertamina Lubricants, anak perusahaan dari Pertamina yang memproduksi oli atau pelumas dengan berbagai varian produk dan brand. Oli produksi Pertamina Lubricants banyak jenis dan kegunaannya, mulai dari oli motor, oli mobil, oli truk diesel, bahkan sampai oli gear atau hidrolik untuk alat berat.

Dengan berbagai macam pilihan produk dan brand oli dari Pertamina ini, tentunya banyak di kalangan masyarakat yang juga kurang memahami kecocokan brand dengan kendaraan yang dimiliki. Karena memang brand tertentu cocoknya dan memang diproduksi oleh pabrik untuk kendaraan tertentu. Bahkan kenderaan tertentu dengan tahun produksi dan penggunaan tertentu.

Top Trust sebagai distributor oli mobil dan oli truk terlengkap harus memberikan edukasi terkait hal ini karena harapannya adalah masyarakat tidak lagi salah dalam pembelian produk. Bahkan, karena Top Trust mengutamakan kepuasan pelanggan, maka menjelaskan tentang kegunaan produk yang kami jual menjadi keharusan. Maka dari itu, melalui artikel ini, kalian semua akan belajar dan harapannya menjadi paham macam-macam produk dan brand oli Pertamina.

Oli Enduro (Motor)

Yang pertama adalah Pertamina Enduro. Oli ini khusus dikembangkan sebagai pelumas mesin motor. Dengan berbagai spesifikasi dan kandungannya, oli Enduro telah menjadi pilihan banyak kalangan di Indonesia. Bahkan di bengkel-bengkel kecil hingga bengkel besar, oli Enduro bisa dibilang pasti ada di etalasenya. Tentunya hal ini juga karena harganya yang bisa dibilang relatif terjangkau untuk masyarakat umum menengah ke bawah. Bahkan misal ke bengkel lalu bilang olinya yang biasa aja, kemungkinan besar Enduro adalah produk yang dipilihkan oleh si teknisi bengkel.

Nah, Enduro sendiri juga memeiliki beberapa varian yang diformulasikan untuk setiap fungsinya masing-masing juga. Ada Enduro 4T, Racing, dan Sport yang umumnya digunakan untuk motor bebek hingga motor laki atau motor sport. Enduro sendiri telah menjadi partner dari tim MotoGP VR46 Racing milik Valentino Rossi melalui Enduro Racing yang kini juga telah dipasarkan ke 14 negara lain. Kemudian ada juga Enduro matic yang jelas fungsinya dimaksimalkan untuk mesin motor matic. Kemudian yang terakhir ada Enduro Platinum yang dikhususkan untuk motor besar, atau yang biasa disebut dengan moge. Kekentalan dari Enduro Platinum juga di atas jenis lainnya.

Oli Fastron (Mobil)

Selanjutnya adalah produk andalan Pertamina Lubricants, yang sering kali diblow up juga, yaitu Pertamina Fastron. Pelumas ini khusus diformulasikan sebagai oli mesin mobil. Berbagai jenis komposisi untuk setiap variannya disediakan oleh Pertamina untuk brand Fastron. Bahkan Pertamina sudah dipercaya oleh Lamborghini Squadra Corse sebagai Main Technical Partner untuk varian Fastron, seperti Fastron Platinum, Platinum Racing, Techno, dan Gold. Lebih kerennya lagi, untuk Fastron Platinum Racing ini dikembangkan bersama dengan Lamborghini Squadra Corse dan menjadi Official Technical Partner yang digunakan di setiap event balap yang diadakan oleh Lamborghini Squadra Corse. Artinya adalah, produk-produk Fastron telah diterima dan lolos uji kelayakan untuk mobil-mobil kelas Volkswagen seperti Lamborghini. Selain itu, Fastron Gold sendiri juga telah lolos MB-Approval 229.51 dari Mercedez Benz dan BMW Longlife-04 dari BMW. Dengan uji yang tentunya sangat ketat, oli Fastron telah memenuhi standar perusahaan-perusahaan dunia ini.

Selain itu, Fastron juga memiliki varian lain seperti Enduro Diesel yang diformulasikan untuk mobil dengan mesin diesel berbahan bakar solar, serta ada Fastron Ecogreen yang dikembangkan untuk mobil LCGC. Semua oli Fastron sudah berbasis sintetik, kecuali Fastron Platinum dan Platinum Racing yang sudah full sintetik.

Tertarik untuk menggunakan Fastron di mobilmu? Segera hubungi sales online Top Trust untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Oli Meditran (Truk, Bus, & Diesel)

Setelah motor dan mobil, tentu saja perusahaan sebesar Pertamina Lubricants tidak akan membiarkan sektor penting ini luput dari jaringnannya, yaitu truk dan mesin diesel. Pertamina khusus menciptakan brand Meditran untuk kendaraan berat seperti bus, truk, dan mesin diesel lainnya. Bahkan bisa dibilang untuk oli truk, Meditran adalah rajanya di Indonesia, terutama untuk oli drum dengan kapasitas 209 liter. Kita semua bahkan bisa menemui drum merah bekas oli Pertamina Meditran ini ada di mana saja.

Tidak berbeda dengan brand sebelumnya, Meditran juga memiliki banyak varian yang berbeda-beda fungsinya. Ada Meditran 40, Meditran S, Meditran SC, Meditran SX, dan Meditran SX Plus. Semuanya memiliki keunggulannya masing-masing. Kalian bisa mempelajari lebih lanjut perbedaan varian oli Meditran di artikel yang membahas perbedaan Meditran S, Meditran SC, dan Meditran SX.

Tertarik untuk menggunakan Meditran untuk truk, bus, dan mesin dieselmu? Segera hubungi sales online Top Trust untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Oli Mesran (Mobil & Mesin Tua)

Selanjutnya adalah brand Mesran. Oli Mesran dikembangkan oleh Pertamina Lubricants untuk mobil atau mesin tua. Memiliki beberpaa varian juga menyesuaikan dengan spesifikasi dan klasifikasinya. Terdapat 3 varian Mesran saat ini di pasaran, dimulai dari Mesran 40, Mesran B 40, dan Mesran Super. Selain Mesran Super, keduanya memiliki viskositas tunggal yaitu SAE 40, sedangkan untuk Mesran Super sendiri SAE 15W-40.

Untuk klasifikasi dari masing-masing oli Mesran adalah API SE hingga API SG, namun juga semuanya sudah memnuhi klasifikasi API CC dan API CD yang menunjukkan bahwa semuanya bisa digunakan pada mesin bensin maupun diesel. Tetapi memang wajib diingat, klasifikasi API SE hingga API SG itu sebenarnya diperuntukkan mesin keluaran sebelum tahun 2000-an. Tetap bisa dipakai untuk mesin di atas tahun 2000-an, namun untuk risiko dan kemungkinan-kemungkinan buruk lainnya harus siap diterima. Karena memang dari pihak produsen sendiri juga sudah merekomendasikan oli Mesran untuk mobil dan truk tua.

Banyak sekali masyarakat kita yang masih sangat cinta dengan oli Mesran. Tentu saja karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan oli Pertamina lainnya untuk mobil. Jika kalian juga tertarik menggunakan Mesran, bisa langsung menghubungi sales online Top Trust untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Oli PrimaXP (Mobil & Mesin Lama)

Satu lagi selain oli Mesran yang diproduksi oleh Pertamina dan direkomendasikan untuk mesin-mesin tua, yaitu Prima XP. Sama halnya dengan Mesran, brand ini dikembangkan oleh Pertamina Lubricants untuk mesin-mesin lama, tetapi tidak sampai yang terlalu tua. Mobil-mobil keluaran 2000 – 2010 sangat direkomendasikan menggunakan oli Prima XP ini, melihat klasifikasinya yang sudah API SL untuk varian SAE 20W-50 (khusus bensin), dan API SM/CF untuk varian SAE 10W-40 (bensin & diesel).

Pengguna mobil-mobil 2000-an? Langsung tanya harga dan penawaran ya dari sales online Top Trust.

Nah, varian atau jenis oli yang dikembangkan oleh Pertamina banyak sekali kan. Bahkan mungkin kalian ada yang masih kurang yakin menggunakan apa. Sesuaikan dengan tahun produksi, penggunaan, serta budget kalian ya pastinya. Sebenarnya masih ada lagi beberapa jenis oli Pertamina yang juga dijual oleh Top Trust, namun bukan oli mesin dan akan dibahas di artikel lainnya.

Penulis