6 Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

Penyebab mobil mogok

6 Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya – Mobil mogok adalah hal yang menyebalkan kapanpun dan di manapun itu terjadi. Bahkan lebih dari menyebalkan, sering kali mobil mogok menjadi hal yang menegangkan karena kita juga belum tahu apa penyebabnya. Terkadang muncul pikiran “loh, kenapa ini” atau “apanya lagi yang rusak ini”. Mungkin jika posisi sedang di rumah dan tidak dalam kondisi terburu-buru ke suatu tempat, perasaan yang muncul adalah sebal dan kebingungan saja.

Namun, jika terjadi saat terburu-buru, apalagi saat di tengah perjalanan, wah.. Ini akan membuat jantung berdegup kencang, panik, dan bingung. Melihat efek yang ditimbulkan, pastilah perlu untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi hal ini. Nah, untuk mengetahui obat atau cara mengatasi mogoknya mobil di jalan, wajib untuk mengetahui duduk perkaranya terlebih dahulu. Bagaimana mungkin bisa mengobati tanpa tahu apa penyakitnya. Berikut Top Trust jabarkan beberapa penyebab mobil mogok beserta cara mengatasinya.

Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

1. Ada Masalah pada Aki Mobil

Aki, atau secara ilmiah dituliskan sebagai accumulator adalah komponen penyuplai listrik pada mobil. Sebenarnya tidak hanya pada mobil, pada semua kendaraan pastinya membutuhkan aki untuk menyuplai kebutuhan kelistrikan. Sebenarnya selain disebut sebagai penyuplai utama kelistrikan, aki atau accu ini secara teknis fungsinya adalah sebagai penyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Karena listrik yang mengalir pada mobil ya bersumber dari energi listrik yang disimpan oleh aki, maka tidak salah juga dikatakan bahwa aki adalah penyuplai listrik kendaraan.

Bisa Anda bayangkan jika sumber suplai utama kelistrikan pada kendaraan atau mobil ternyata bermasalah. Jika sumber listrik bermasalah apalagi soak, maka mesin akan sulit untuk dinyalakan. Mungkin jika masih belum parah, mobil masih bisa dinyalakan dengan mengulangi berulang-ulang. Namun, jika sudah benar-benar parah, maka Anda harus bersiap dengan masalah-masalah lain yang muncul. Ingat, ada perbedaan antara aki soak dan aki drop/tekor, dan penanganannya juga berbeda.

Baca juga: Aki Soak & Aki Drop/Tekor: Ciri-Ciri, Penyebab, dan Cara Menanganinya

Cara mengatasi masalah pada aki ini tidak ada cara lain selain rutin memeriksanya. Salah satu tanda-tanda adanya masalah pada aki mobil adalah komponen-komponen yang membutuhkan listrik seperti AC atau lampu seolah kekurangan daya. Ini bisa Anda jadikan indikator untuk mengecek bagaimana kondisi aki. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang aki, maka alangkah baiknya memeriksakan di bengkel agar tertangani dengan benar dan tepat.

2. Alternator Rusak

Masih berhubungan dengan kelistrikan mobil. Selain aki, ada lagi komponen krusial dalam urusan kelistrikan yang mungkin jarang didengar oleh masyarakat awam, yaitu alternator. Apa itu alternator? Singkatnya, alternator adalah dinamo pembangkit listrik yang nantinya akan dikirim ke aki kemudian dialirkan ke seluruh komponen mobil yang membutuhkan listrik. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya tentang aki, bahwa fungsi aki sebenarnya adalah untuk menyimpan energi listrik, baru kemudian disalurkan ke komponen yang membutuhkannya. Nah, penyuplai lenergi listrik ke aki itu ya alternator ini, yang merupakan pembangkit listriknya.

Dari penjelasan di atas sudah jelas kan, jika terdapat kerusakan pada komponen alternator, maka siapa yang akan menyuplai energi listrik ke aki. Jika pembangkit listriknya saja bermasalah, maka sesehat dan sebagus apapun tempat penyimpanannya juga akan tetap kelistrikan mobil bermasalah.

Jika alternator sudah mengalami kerusakan, maka satu-satunya jalan adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Jadi, pastikan dulu apakah memang penyebab mogoknya karena alternator atau karena komponen yang lain.

3. Busi Kotor

Selain aki dan alternator, ada lagi satu komponen kelistrikan yang bisa menyebabkan mogoknya mobil, yaitu busi. Busi yang fungsi utamanya adalah meneruskan tegangan listrik menjadi percikan api guna terjadinya pembakaran akan menjadi masalah jika sampai kotor.

Yang namanya meneruskan atau menyalurkan listrik tentunya dibutuhkan konduktor, atau dalam kasus aki adalah elektrodanya. Jika sampai elektrodanya kotor oleh kerak mesin, atau karbon bekas pembakaran, maka akan menghambat atau bahkan memblokir elektron untuk mengalir. Alhasil, pembakaran tidak terjadi dan mobil mogok.

Karena Anda sudah tahu bahwa penyebab busi tidak bisa menyalurkan listrik adalah kotor, maka solusinya adalah membersihkan busi tersebut. Lepas busi, lalu bersihkan hingga bersih, terutama lapisan-lapisan berwarna hitam yang merupakan penyebab utama kotornya busi. Setelah itu dipasang kembali, dan coba nyalakan mesin.

4. Overheat

Overheat atau terlalu panasnya mobil akan menyebabkan mogok. Jadi, mesin pada kendaraan itu sebenarnya memiliki ambang batas untuk urusan panas. Jika sudah melebihi ambang batas tersebut, mesin akan otomatis mati, sehingga mobil akan mogok. Sebenarnya ini bisa juga dibilang sistem keamanan ya. Coba Anda bayangkan jika mesin masih terus beroperasi padahal sudah melebihi suhu ambang batasnya, kira-kira apa yang akan terjadi. Yang pertama akan mendapatkan imbasnya adalah komponen-komponen di sekitarnya. Bisa saja rusak, bahkan bisa meleleh saking panasnya. Jika masih terus naik suhunya, kemungkinan lain yang bisa terjadi tentunya mesin itu sendiri bisa terbakar. Ini mengerikan jika sampai terbakar karena overheat. Jadi, mogok karena mesin kelebihan panas itu jauh lebih safety ya jika kita memikirkan keselamatan.

Lawan dari panas adalah dingin. Artinya, untuk mengatasi atau mencegah hal ini terjadi adalah dengan rutin cek air radiator mobil. Karena yang bisa mendinginkan mesin adalah air radiator, maka jangan sampai air radiator habis. Selalu periksa dan isi jika sudah dirasa terlalu sedikit.

5. Karburator

Komponen selanjutnya yang dapat menjadi penyebab mogoknya mobil adalah karburator atau yang biasa disebut karbu. Sebenarnya kasus mogok yang disebabkan oleh karbu ini hanya terjadi pada mobil-mobil lawas yang masih menggunakan teknologi karburator untuk pembakarannya. Rata-rata mobil-mobil baru sudah menggunakan teknologi injeksi. Nah, di sinilah salah satu perbedaan karburator dan injeksi.

Jika bahan bakar yang masuk ke karbu terlalu sedikit, maka akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Hal ini dapat menyebabkan sulitnya mobil untuk menyala dan bahkan mogok di jalan.

Lakukan servis mobil secara rutin untuk menghindari masalah yang terjadi pada karbu mobil Anda.

6. Dinamo Starter

Yang terakhir adalah dinamo starter. Sebenarnya yang terakhir ini termasuk dalam kategori jarang terjadi kerusakan. Sesuai dengan namanya, dinamo starter merupakan komponen yang pertama kali bersentuhan dengan mesin saat mobil dinyalakan karena memang perannya adalah untuk memutar mesin pertama kali.

Komponen ini mungkin mengalami kerusakan karena memang umurnya yang sudah tua dan tidak diganti. Jadi, untuk mengatasinya adalah dengan mengganti dengan yang baru jika memang mogoknya mobil disebabkan rusaknya komponen yang satu ini. Untuk mengetahui kapan harus diganti sebelum terjadi kerusakan, tentunya harus rajin diservis ya.

Nah, itulah 6 komponen yang sering kali menjadi penyebab mobil mogok. Sebenarnya, untuk mengatasi atau menghindari hal-hal di atas adalah dengan rutin melakukan servis mobil. Karena jika mobil Anda diservis terutama di bengkel resmi, komponen-komponen di atas akan diperiksa. Sehingga jika memang perlu dibersihkan, diperbaiki, atau sudah waktunya mengganti akan ketahuan. Jadi, kesimpulannya, agar mobil tidak sering mogok, rutinlah melakukan servis serta mengganti oli untuk merawat mesin mobil Anda.

Penulis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *