Mengenal Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Perbedaan SUV dan MPV

Mengenal Perbedaan SUV dan MPV – Apakah anda adalah pecinta otomotif, terutama tentang mobil? Jika iya, maka pasti anda pernah atau bahkan sering mendengar istilah-istilah seperti SUV dan MPV. Pecinta mobil pastinya sudah paham ya apa pengertian dan perbedaan di antara SUV dan MPV.

Namun, untuk orang-orang awam yang bahkan hanya tahu mobil saja, tentunya masih kesulitan membedakan mereka ini. Padahal jika mengetahui arti dan perbedaan keduanya, dapat membantu dalam pemilihan mobil yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Bayangkan saja, saat mau beli mobil, bertanya ke tetangga sebelah menyarankan beli yang SUV, bertanya ke teman tongkrongan menyarankan beli MPV. Bukannya tercerahkan tapi malah semakin bingung. Akhirnya tidak jadi beli mobil.

Nah, Top Trust kali ini akan membahas apa itu SUV dan MPV beserta perbedaan di antara keduanya untuk kalian yang masih awam dalam dunia per-mobil-an.

Apa Itu SUV dan MPV?

1. SUV (Sport Utility Vehicle)

Mari kita artikan terlebih dahulu  ke dalam Bahasa Indonesia. Sport Utility Vehicle artinya adalah kendaraan untuk keperluan olahraga. Nah, dari arti literalnya saja kita bisa menyimpulkan fungsi kendaraan ini.

Sesuai namanya, SUV adalah kendaraan yang difungsikan untuk keperluan olahraga. Maksudnya adalah untuk keperluan atau kebutuhan melintasi segala jenis medan, mulai dari medan rata yang mulus, hingga medan yang terjal, bergeronjal, dan susah untuk dilalui mobil pada umumnya. Simpelnya SUV adalah mobil sporty.

Mobil jenis SUV memiliki desain yang memang diharapkan dapat melalui segala medan, misalnya  ground clearance atau jarak bodi mobil ke tanah yang cukup tinggi. Hal ini memungkinkan mobil untuk melalui jalur terjal tanpa harus khawatir ada bagian bodi mobil tersangkut atau terluka akibat interaksi dengan jalanan.

Mobil SUV
SUV

Selain desain bodi, untuk mendukung performa dalam melalui medan yang berat, mobil tipe SUV juga biasanya dibekali dengan penggerak 4WD (Four-Wheel Drive) atau 4×4. Dengan tenaga penggerak di keempat rodanya, maka kendaraan akan memiliki tenaga yang lebih untuk menggerakkan dirinya. Namun juga ada beberapa SUV yang hanya memiliki penggerak 4×2 atau 2WD.

Baca juga: Perbedaan Ban Kawat (Radial) dan Ban Benang (Bias)

Pada dasarnya, SUV adalah model jeep yang dikombinasi dengan sedan. Mobil jeep atau SUV murni biasanya tidak mementingkan kenyamanan penumpangnya karena memang dikhususkan untuk performa dan mobilitasnya di medan yang berat. Nah, SUV ini diciptakan untuk melintasi medan berat layaknya jeep, namun tidak mengabaikan kenyamanan penumpang layaknya sedan.

Beberapa mobil SUV yang beredar di Indonesia adalah Honda CRV, Nissan X-trail, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, dan lain-lain.

2. MPV (Multi-Purpose Vehicle)

MPV adalah kendaraan yang identik dengan kendaraan sehari-hari. Misalnya mobil keluarga yang bisa mengangkut banyak penumpang dan bisa dilipat joknya untuk keperluan mengangkut banyak barang. Karena inilah kendaraannya disebut Multi-Purpose atau jika diartikan ke Bahasa Indonesia adalah multi-tujuan.

Umumnya, kendaraan MPV tidak didesain untuk melalui medan yang berat. Kita banyak melihat penggunaan mobil MPV di jalan raya, karena memang ini adalah mobil yang umum dimiliki untuk keperluan sehari-hari.

Mobil MPV
MPV

Sebisa mungkin jangan menggunakan mobil tipe MPV di jalur berat, karena kemungkinan besar akan tersangkut atau tidak kuat berjalan. Bisa disebabkan oleh kurangnya tenaga penggerak, juga bisa disebabkan oleh tersangkutnya bodi mobil dengan jalanan yang terjal, karena memang desain jarak bodi mobil dengan tanah tidak setinggi model SUV.

Mobil jenis MPV yang banyak beredar dan digunakan di jalanan Indonesia diantaranya adalah Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia, Daihatsu Sigra, Suzuki Ertiga, dan lain-lain.

Perbedaan SUV dan MPV

1. Tujuan Penggunaan

Perbedaan utama dari SUV dan MPV adalah tujuan penggunaannya. Tujuan penggunaan dari SUV adalah untuk keperluan atau kebutuhan melintasi segala jenis medan, mulai dari medan rata yang mulus, hingga medan yang terjal dan bergeronjal. Sedangkan tujuan MPV adalah untuk keperluan sehari-hari seperti mengangkut penumpang, serta mengutamakan keamanan dan kenyamanan dari penumpangnya.

2. Bodi

Perbedaan yang kedua tentu saja dari visual bodi. Umumnya mobil tipe SUV akan terlihat lebih gahar dan lebih sporty sesuai dengan namanya. Sesuai dengan fungsinya yang lebih condong ke arah dunia adventure dan olahraga.

Selain visual bodi yang lebih gahar dan sporty, SUV juga memiliki grand clearance yang lebih tinggi dari MPV seperti yang dijelaskan sebelumnya. Mengutip dari suzuki.co.id, Grand clearance atau jarak bodi dan tanah untuk mobil tipe SUV adalah 200 mm atau 20 cm dan ban yang besar. SUV memiliki peleg yang tebal dan lebar (minimum 15 inch). Selain itu, ban mobil tipe SUV memiliki alur telapak ban yang didesain kasar agar memiliki daya cengkram tinggi dengan jalan agar tetap lancar saat berada di medan yang licin.

Berbeda dengan SUV yang gahar dan sporty, MPV lebih netral dan umum. Ada yang model imut, model elegan, bahkan model lucu. Hal ini tentu saja karena pertimbangan penggunaan sehari-hari sehingga menyesuaikan dengan beragamnya selera pasar. Ukuran bodi MPV juga tidak terlalu besar seperti SUV. Ban dan peleg biasanya ukuran standar dan tidak sebesar SUV.

3. Dapur Pacu

Mobil tipe SUV rata-rata memiliki kapasitas mesin 1500cc dengan penggerak 4WD. Bahkan ada beberapa yang lebih besar lagi. Hal ini tentu saja berbeda dengan MPV. SUV yang memang difungsikan untuk melalui medan berat dan bahkan off the road tentunya membutuhkan dapur pacu yang lebih besar daripada tipe MPV yang penggunaannya berkisar sehari-hari mengangkut barang dan penumpang di jalan raya yang mulus.

Baca juga: Perbedaan Ban di Jalan On Road dan Off Road

4. Bahan Bakar

Melihat dari besarnya mesin serta penggunaannya, tentulah SUV lebih boros dalam penggunaan bahan bakar daripada MPV. Kapasitas mesin yang beserta dan tenaga penggerak 4WD tentunya membutuhkan suplai bahan bakar yang tidak sedikit. Namun karena inilah SUV memiliki kemampuan yang mumpuni untuk melibas medan terjal, menanjak, menurun, licin, dan berbagai medan yang tidak mungkin dilalui mobil tipe MPV.

Demikianlah penjelasan terkait apa itu SUV dan MPV beserta perbedaan antara keduanya. Semoga bermanfaat untuk kalian yang masih bingung memilih tipe atau model mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

Jangan lupa, untuk urusan ban mobil dan ban truk terbaik, beli di Top Trust. Jika anda masih bingung terkait ukuran ban mobil anda, bisa mencari tahu di daftar ukuran mobil sesuai mereknya.

Penulis