Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil LCGC

Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil LCGC – Beberapa tahun terakhir, di jalanan banyak kita temui mobil kecil yang biasa dikenal dengan LCGC (Low Cost Green Car). Penggunaan serta permintaan dari jenis mobil ini memang sedang naik daun, selain karena harganya yang lebih merakyat, terbukti juga lebih irit bahan bakar. Harga barunya sendiri banyan dibanderol tidak sampai 200 juta per unitnya.

LCGC yang banyak dan memang umum dimiliki oleh masyarakat di antaranya adalah Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya, Toyota Calya, dan Daihatsu Sigra. Mobil-mobil ini adalah mobil yang dinilai irit dalam penggunaan BBM dan tentunya harganya terjangkau.

Melalui artikel ini, Top Trust sebagai distributor oli mobil akan memberikan rekomendasi oli untuk LCGC yang memang diproduksi dan diformulasikan untuk mendukung keunggulan utama dari LCGC, yaitu irit BBM dan ramah lingkungan.

Rekomendasi Oli untuk Mobil LCGC

Oli dengan Viskositas 0W-20

Mobil LCGC dirancang untuk efisiensi bahan bakar yang optimal dan ramah lingkungan, sehingga penggunaan oli dengan viskositas rendah SAE 0W-20 sangat sesuai dengan karakteristik mesin-mesin modern yang digunakan oleh LCGC. Berikut adalah beberapa rekomendasi oli dengan SAE 0W-20.

Shell Helix Eco Plus 0W-20
(Full Sintetik)
Fastron Eco Green 0W-20
(Semi Sintetik)

Oli dengan Viskositas 5W-30

Oli dengan viskositas sangat rendah seperti SAE 0W-20 memang sangat meminimalisasi hambatan internal dalam mesin sehingga meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Selain itu juga mempercepat pelumasan di saat mesin baru dinyalakan karena memang encer.

Tapi, jika penggunaan LCGC Anda agak berat, tentunya viskositas 20 dikhawatirkan akan cepat menguap dengan kondisi penggunaan mesin yang berat. Jadi, untuk LCGC yang sering digunakan untuk perjalanan jauh ataupun penggunaan yang lumayan berat direkomendasikan menggunakan oli dengan viskositas SAE 5W-30 untuk mengimbangi di saat mesin bekerja keras dan suhu mesin tinggi.

Shell Helix Eco Plus 5W-30
(Full Sintetik)
Fastron Eco Green 5W-30
(Semi Sintetik)

Mengapa LCGC Membutuhkan Oli Encer?

Setelah melihat beberapa rekomendasi di atas, tentunya muncul pertanyaan “mengapa semuanya sangat encer?”. Jawabannya adalah karena untuk memaksimalkan kelebihan atau fitur utama dari LCGC itu sendiri, yaitu irit BBM dan ramah lingkungan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa oli-oli yang diproduksi oleh produsen oli yang diformulasikan khusus untuk LCGC semuanya memiliki viskositas rendah.

  • Efisiensi Bahan Bakar: Mesin LCGC umumnya didesain untuk hemat bahan bakar, dan oli encer membantu mengurangi gesekan internal dalam mesin, meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.
  • Desain Mesin Modern: Mesin LCGC biasanya memiliki teknologi mesin modern dengan toleransi yang lebih ketat, sehingga membutuhkan oli yang lebih encer untuk memberikan pelumasan optimal pada komponen mesin yang lebih presisi.
  • Performa di Suhu Normal: LCGC biasanya digunakan dalam kondisi berkendara normal di perkotaan. Oli 0W-20 dan 5W-30 tetap mampu memberikan perlindungan yang cukup di suhu operasi harian di Indonesia, karena mobil LCGC tidak dirancang untuk penggunaan di medan berat atau kondisi ekstrem.
  • Pengurangan Emisi: Dengan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan meminimalkan gesekan, oli 0W-20 dan 5W-30 juga membantu mengurangi emisi karbon, yang sejalan dengan tujuan utama LCGC sebagai kendaraan yang ramah lingkungan.

Sebenarnya, jika kita melihat oli-oli lain dengan viskositas rendah seperti 0W-20 misalnya, harganya tergolong mahal karena memang oli dengan viskositas tersebut umumnya digunakan untuk mobil premium atau mobil-mobil mewah dengan mesin-mesin modern, butuh tarikan cepat, dan ramah lingkungan. Namun, jika kita bandingkan dengan oli LCGC, harga olinya relatif standar. Itulah mengapa jika Anda memiliki mobil LCGC atau mobil hybrid, maka lebih direkomendasikan menggunakan oli yang memang sudah diformulasikan untuk LCGC.

Ingat, tetap disesuaikan dengan manual book mobil yang Anda miliki. Selain itu juga pertimbangkan penggunaan mobil Anda, jika penggunaannya memang sangat santai maka gunakan 0W-20, tetapi jika penggunaan mobil Anda dirasa agak berat, maka gunakan 5W-30.

Dapatkan Oli LCGC Terbaik Hanya di Top Trust

Segera hubungi sales online Top Trust untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. Tersedia ecer per botol, kerdus, bahkan pembelian grosir jika Anda membutuhkan jumlah besar untuk dijual kembali.

Penulis