Apa Itu Truk Trailer & Perbedaannya dengan Tronton

Truk trailer

Apa Itu Truk Trailer & Perbedaannya dengan Tronton – Salah satu alat transportasi darat terpenting di abad ini adalah truk. Dengan berbagai macam kebutuhan pengangkutan mulai dari pengangkutan melalui jalan raya, hingga pengangkutan material konstruksi dan tambang, tentunya truk sudah menjadi kebutuhan utama di seluruh dunia.

Dengan berbagai macam kebutuhan, tentunya truk sendiri juga dibedakan menyesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Maka dari itu, berbagai jenis truk diciptakan untuk memenuhi kebutuhan industri masa kini, begitu juga dengan perlengkapan atau sparepart seperti ban truk yang sekarang ada berbagai macam jenis dan ukuran.

Dari beberapa jenis dan model truk yang ada di jalanan, kita mengenal truk trailer dan truk tronton. Keduanya sering kali dianggap 2 jenis yang sama, padahal sebenarnya terdapat perbedaan di antara keduanya, terutama untuk kapasitas truk.

Pada artikel ini, Top Trust sebagai toko ban truk terbaik akan membahas apa itu truk trailer, dan apa perbedaannya dengan truk tronton.

Apa Itu Truk Trailer

Truk trailer adalah truk dengan ukuran medium ke atas yang terdiri dari 2 bagian utama, yaitu kepala truk (bagian penggerak yang biasa disebut tractor head) dan trailer. Umumnya, truk trailer memiliki kapasitas muatan 20 hingga 40 ton. GVW dari truk trailer dapat mencapai 46.000 kg atau 46 ton. Truk trailer sendiri umumnya terbagi menjadi 2 jenis.

Jenis yang pertama adalah yang memiliki panjang 6 meter. Jenis ini biasanya didukung oleh 4 hingga 5 sumbu atau as roda. Untuk jumlah sumbu 4, umumnya 2 sumbu berada pada truk penggerak dan 2 sumbu pada trailer. Sedangkan untuk 5 sumbu roda, 3 sumbu berada pada truk penggerak dan 2 sumbu pada trailer.

Jenis yang kedua ini adalah jenis yang lebih panjang, yaitu 12 meter atau biasa disebut 40 feet trailer. Untuk jenis ini, umumnya trailer ditopang oleh 3 sumbu roda di belakang. Selain itu, umumnya trailer menggunakan ban dobel dengan ukuran ban 1000 20 atau ban 11.00R20.

Apa Itu Truk Tronton

Truk tronton adalah truk ukuran medium hingga heavy duty yang umumnya terdiri dari 3 sumbu roda dengan konfigurasi atau sistem gerak truk 6×2 atau 6×4. Truk tronton memiliki kapasitas angkut antara 10 hingga 30 ton, rata-rata 20 ton. GVW dari truk tronton bervariasi mulai dari 16.000 kg hingga 38.000 kg.

Truk tronton

Kebanyakan truk tronton menggunakan 8 ban di belakang dan 2 ban di sumbu depan. Untuk konfigurasi 6×2, maka sumbu penggerak berada pada sumbu tengah, sedangkan untuk konfigurasi 6×4, maka penggerak berada pada sumbu tengah dan sumbu belakang. Tergantung pada produsen yang membuat truk, ukuran ban yang digunakan umumnya adalah ban 1000 dan ban 1100.

Truk tronton sendiri memliki 2 saudara yang berbeda sistem geraknya, yaitu truk trintin dan truk trinton. untuk mengetahui perbedaan truk tronton, truk trintin, dan truk trinton, kalian bisa membacanya pada artikel Top Trust yang lain yang membahas jenis-jenis truk.

Perbedaan Truk Trailer dan Truk Tronton

1. Panjang

Setelah memahami masing-masing truk, sekarang kita akan membahas perbedaan di antara keduanya. Perbedaan yang jelas terlihat adalah panjang dari keduanya. Truk trailer jelas lebih panjang dibandingkan dengan truk tronton. Baru kita membahas ukuran panjang trailernya saja antara 6 hingga 12 meter. Belum lagi ditambah dengan panjang dari truk penggeraknya.

2. Rangkaian Truk

Kemudian yang kedua adalah antara truk penggerak dan kontainer atau bak yang digunakan sebagai pengangkut material. Untuk truk tronton, antara truk penggerak, chasis, dan bak pengangkut menjadi satu kesatuan. Sedangkan untuk truk trailer, kepala dan trailer bukanlah satu kesatuan. Berbeloknya arah kepala truk tidak langsung diikuti oleh trailernya, atau bisa dibilang lebih fleksibel karena memang keduanya adalah 2 bagian yang terpisah lalu dihubungkan.

3. Kapasitas

Selanjutnya adalah tentu saja kapasitas angkutnya. Truk trailer umumnya memiliki kapasitas angkut lebih besar dibandingkan dengan truk tronton. Hal ini karena memang trailernya merupakan bagian yang berbeda dari kepala truk sehingga lebih leluasa untuk diberikan kemampuan untuk menampung lebih banyak material.

4. Jumlah Roda dan Ban

Jumlah ban truk tronton adalah 10. Sumbu depan berisi 2 ban, kemudian 2 sumbu belakang berisi 8 ban. Sedangkan untuk truk trailer, tergantung pada konfigurasinya. Truk penggeraknya ada yang menggunakan 6 ban dan 10 ban (sama dengan tronton). Sedangkan trailernya ada yang menggunakan 8 ban (2 sumbu) dan 12 ban (3 sumbu).

Itulah penjelasan apa itu truk tronton dan trailer beserta perbedaan antara keduanya. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari pengetahuan tentang dunia transportasi terutama yang berhubungan dengan truk.

Penulis