Macam-Macam Jenis Truk Kontainer (Rajanya Truk Logistik)

Truk kontainer

Macam-Macam Jenis Truk Kontainer (Rajanya Truk Logistik) – Truk kontainer yang merupakan jenis truk yang membawa kontainer atau peti kemas di belakangnya tentunya banyak terlihat di jalanan. Truk jenis ini memang banyak digunakan sebagai truk logistik karena kapasitasnya tampungnya banyak serta kekuatannya untuk membawa logistik yang luar biasa. Wajar jika kita menyebutnya sebagai rajanya truk logistik.

Sebenarnya, truk logistik tidak terbatas pada terminologi truk. Banyak juga mobil yang digunakan sebagai pembawa logistik dan disebut juga mobil kontainer atau mobil box logistik. Perusahaan-perusahaan ekspedisi juga banyak menggunakan mobil kontainer sebagai alat transportasi untuk melakukan pengiriman paket.

Kali ini, Top Trust sebagai toko ban truk yang menyediakan berbagai macam varian ban truk kontainer maupun ban truk logistik lainnya akan membahas macam-macam truk kontainer yang menjadi langganan menjadi truk logistik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Macam-Macam Jenis Truk Kontainer

Mobil Pickup Box Kontainer

Yang pertama adalah mobil box kontainer. Mobil kontainer ini berbasis mobil pickup atau carry yang memiliki kekuatan untuk membawa 1 ton beban. Ban yang digunakan tentunya adalah ban pickup dan umumnya menggunakan sistem konfigurasi 4×2. Mobil kontainer ini ukurannya relatif kecil sehingga banyak digunakan untuk mengirim barang ke lokasi-lokasi yang sempit. Perusahaan-perusahaan ekspedisi juga banyak menggunakan jenis truk kontainer ini untuk mengirimkan paket.

Truk Engkel Kontainer

Yang kedua adalah truk engkel. Seperti sudah banyak dibahas oleh Top Trust di artikel lainnya, truk engkel ini memiliki 2 jenis, yaitu engkel dan engkel dobel. Untuk truk engkel atau biasa juga disebut CDE umumnya memiliki berat kosong 2 ton, kekuatan membawa beban 3 ton, sehingga GVW 5 ton. Dimensi dari truk engkel ini rata-rata memiliki panjang total 4 – 5 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2 meter. Truk engkel kontainer memiliki sistem gerak truk 4×2 dengan 4 ban ukuran ban 7.50-16.

Sedangkan untuk truk engkel dobel atau masyarakat sering menyebutnya CDD umumnya memiliki kekuatan yang lebih besar dengan kapasitas yang lebih besar juga. Berat kosongnya sekitar 2,5 ton, kekuatan membawa beban hingga 6 ton, sehingga GVW sekitar 8 ton. Dimensi dari truk engkel dobel juga umumnya lebih besar dibandingkan engkel atau CDE. Panjangnya rata-rata 6 – 7 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2 meter. Sistem konfigurasi gerak masih sama, namun bedanya, sumbu roda belakang menggunakan ban dobel dengan ukuran ban 750 16. Jadi, total ban yang digunakan adalah 6 ban.

Truk Tronton Kontainer

Jenis yang selanjutnya adalah jenis truk tronton dengan kontainer, box, atau peti kemas di atas chasisnya. Truk tronton tentunya memiliki ukuran, dimensi, kapasitas, dan kekuatan yang lebih besar dari truk engkel. Kapasitas dan dimensi dari truk tronton sendiri bermacam-macam bergantung pada produsennya. Berat kosong truk kontainer tronton umumnya berkisar 7 – 8 ton, sedangkan GVW nya 26 ton. Panjangnya berkisar dari 8 – 12 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,7 – 3 meter. Sistem gerak truk tronton kontainer ada yang menggunakan 6×2 dan 6×4 yang terdiri dari 3 sumbu dengan 10 ban (2 ban depan, 8 ban belakang). Umumnya menggunakan ban 1000 20 dan ban 11.00r20.

Truk Kontainer Wingbox

Jenis truk kontainer selanjutnya adalah truk wingbox. Truk ini memiliki ukuran yang bermacam-macam karena memang bukan fokus pada truknya, tetapi pada model kontainer atau peti kemasnya. Truk wingbox memiliki box yang dapat membuka sisi sampingnya sehingga mirip dengan sayap jika kedua sisinya terbuka. Itulah mengapa dinamakan wingbox atau kotak sayap. Truk wingbox ada yang berukuran engkel dan juga tronton.

Truk Trailer

Yang terakhir adalah truk trailer. Truk ini sebenarnya mirip dengan truk tronton, namun memiliki trailer di belakangnya yang ditarik oleh kepala truk sebagai penggerak. Kepala truk penggerak ini biasa disebut tractor head. Kapasitas beban yang dapat dibawa oleh truk trailer bisa mencapai 40 ton bahkan lebih. Panjang dari truk trailer sendiri juga tergantung pada jenis trailernya sendiri dan berapa banyak trailer yang dibawa. 1 trailer bisa mencapai 12 meter (40 feet).

Itulah macam-macam jenis truk peti kemas yang menjadi andalan berbagai perusahaan untuk menjadi truk logistiknya. Tentunya tetap menyesuaikan ukuran, kebutuhan, dan budget yang disiapkan.

Penulis