Bagaimana Cara Memilih Ban Mobil

cara memilih ban mobil

Apakah Anda perlu membeli ban baru? Memilih ban mobil yang baru bisa menjadi tugas yang membingungkan. Meskipun ada kemajuan dalam teknologi ban, Anda perlu mengganti ban beberapa kali atau lebih selama masa pakai kendaraan biasanya. Seperti kata pepatah, tidak ada yang bertahan selamanya.

Baca juga: 7 Tanda Ban Mobil Harus Diganti

Produsen kendaraan biasanya menganjurkan agar ban Anda diganti setiap 3 tahun, terlepas dari keausan. Minta mekanik memeriksa ban Anda secara teratur untuk mencari tanda-tanda keausan atau kerusakan. Anda juga harus memeriksanya secara teratur dengan memperhatikan faktor-faktor di bawah ini:

  • Kedalaman tapak – Jika ban Anda kelihatan keausan atau gundul pada bagian tapak ban, maka kemungkinan sudah waktunya untuk mengganti bannya.
  • Retakan dinding samping – Periksa pada dinding samping (sidewall) ban mobil Anda. Jika melihat ada lekukan pada dinding samping (sidewall), kemungkinan ban Anda bocor.
  • Tonjolan atau lecet – Tonjolan atau lepuh yang terlihat dapat menunjukkan permukaan luar (telapak ban) yang lemah.
  • Getaran – Apakah Anda terasa getaran mobil saat Anda mengemudi? Ini bisa menunjukkan masalah sekarang dan potensi bahaya di masa mendatang.

Perawatan yang tepat dan cara mengemudi yang baik akan dapat memaksimalkan jarak tempuh ban.

Jika Anda membutuhkan ban baru, belilah ukuran dan jenisnya khusus untuk mobil Anda. Mencampur jenis ban yang berbeda tidak hanya menyebabkan kerusakan, tetapi juga bisa berbahaya. Berikut tips untuk memilih ban mobil yang baru:

Baca juga : Cara Merawat Ban Mobil

Tentukan Ban Anda Saat Memilih Ban Mobil Yang Baru

1. Kondisi jalan yang Anda lalui?

Kondisi penggunaan yang berbeda membutuhkan karakteristik ban yang berbeda pula.

Untuk mengemudi dalam kota:

  • Jarak pengereman: Gunakan ban dengan jarak pengereman yang optimal, baik di jalan kering maupun basah.
  • Umur panjang: Mengemudi di kota dengan banyak berhentian dan menempatkan tuntutan besar pada ban. Pilih ban dengan umur panjang yang lebih panjang.
  • Ekonomi bahan bakar: Ban dengan tahanan gelinding rendah menghemat bahan bakar.

Untuk mengemudi di jalan raya atau tol:

  • Jarak pengereman dengan kecepatan tinggi: Untuk keselamatan maksimum, pilih ban yang memberikan jarak pengereman optimal di jalan kering dan basah.
  • Kenyamanan: Untuk perjalanan jauh, pilih ban yang menawarkan kenyamanan baik dari segi getaran maupun tingkat kebisingan.
  • Penanganan: Pilih ban yang memberikan cengkeraman dan stabilitas yang sangat baik.

Jika Anda berkendara di jalan yang tidak beraspal:

  • Carilah ban yang memberikan traksi off-road dan daya tahan maksimum.

2. Apa gaya mengemudi Anda?

Untuk memastikan Anda menikmati berkendara, carilah ban yang sesuai dengan cara Anda mengemudi.

Perjalanan yang nyaman tenang, mencari ban yang secara khusus menyebutkan kenyamanan, kelancaran perjalanan, atau jalan kebisingan yang rendah. Secara umum, ban touring dengan peringkat kecepatan lebih rendah (peringkat S, T, atau H di dinding samping), dioptimalkan untuk kenyamanan lebih daripada kecepatan lebih. Disarankan untuk tidak pernah berada di bawah peringkat kecepatan yang ditentukan oleh produsen kendaraan Anda. Selain itu, hindari desain tapak yang agresif. Mungkin terlihat keren tetapi dapat menimbulkan banyak kebisingan jalan.

Jika Anda suka merasakan setiap tikungan, carilah ban yang memiliki handling atau presisi kemudi yang bagus. Ini sering disebut ban berperforma tinggi dan memiliki peringkat kecepatan yang lebih tinggi, yang berarti ban tersebut dioptimalkan untuk memberikan kontrol yang lebih baik dan pengendaraan yang lebih kaku dan lebih presisi.

Baca juga: Pengertian Dasar Ban

Memilih Ban Mobil yang Tepat

1. Pilih Jenis Ban yang Tepat

Ada lebih banyak hal dalam memilih ban yang tepat daripada menemukan ban yang pas. Anda perlu melihat persyaratan minimum kendaraan Anda, cara mengemudi Anda, ekspektasi masa pakai ban, cuaca tempat Anda sering mengemudi, dan permukaan jalan tempat Anda bepergian.

Ban Anda tidak hanya menahan beban mobil Anda. Tetapi diharapkan memberikan traksi saat Anda harus pergi, dan memiliki cengkeraman maksimal saat Anda mengerem. Ban harus bisa dalam kondisi jalan yang kering atau basah, tanpa membuat terlalu banyak kebisingan atau mengganggu penghematan bahan bakar.

2. Menemukan Tipe yang Tepat

Anda dapat membuang banyak uang dengan memasang ban yang salah pada kendaraan Anda. Jika Anda mengendarai Toyota Prius, Anda mungkin tidak membutuhkan ban musim panas performa tinggi yang mahal. Demikian juga, jika Anda memiliki Porsche 911, memasang ban touring yang tahan lama akan mematikan potensi performa mobil Anda.

Panduan kami untuk jenis ban menjelaskan berbagai gaya yang akan Anda temukan di pasaran. Anda ingin memilih ban satu set yang memenuhi kebutuhan Anda tanpa melangkah terlalu jauh. Tentu, ban off-road yang sangat agresif itu akan memberikan kinerja medan ekstrem yang luar biasa pada Jeep Wrangler Anda pada akhir pekan, tetapi itu akan menjadi sedikit ketika Anda mengendarainya di jalan bebas tanpa hambatan lima hari dalam seminggu untuk bekerja.

Sebaiknya Anda bersikap sedikit konservatif saat mengganti satu jenis ban ke jenis lainnya. Jika Anda menginginkan sedikit lebih banyak keunggulan performa untuk sedan Anda, mungkin beralih dari ban Grand Touring yang menyertainya ke satu set baru performa ban untuk semua musim.

3. Menemukan Ukuran Ban Mobil yang Tepat

Lihat buku manual Anda atau plakat di kusen pintu di belakang pengemudi untuk mengetahui ukuran dan spesifikasi yang sesuai untuk kendaraan Anda. Jangan melihat dinding samping ban yang ada, Ukurannya mungkin tidak sama dengan aslinya pada mobil atau truk Anda.

Menempatkan ban dengan ukuran yang tepat pada mobil Anda akan membuat performa ban dan mobil menjadi lancar. Beban yang tepat akan ditempatkan pada transmisi dan komponen drive line lainnya, dan tidak akan pergesekan pada suspensi mobil atau bagian tubuh mobil.

Rekomendasi Ban Terbaik untuk Kendaraan Anda:

Kunjungi: Toko Ban Mobil Surabaya

1. Ban Mobil SUV

Ban SUV dirancang khusus untuk SUV modern, yang membedakan antara ban mobil dan truk. ban SUV ini dirancang untuk kinerja mobil, pengendaraan yang nyaman, dan kemampuan pengendalian yang baik dalam kondisi yang basah atau kering. Berikut rekomendasi Ban SUV Terbaik dari Toko Ban Mobil Top Trust:

2. Ban Mobil Hemat BBM

Ban ini memilik daya gelinding yang renda (low rolling resistance) sehingga membuat bahan bakar minyak (BBM) mobil menjadi lebih irit daripada ban mobil lainnya. bisa ban ini digunakan untuk mobil keluarga (MPV), karena sering digunakan untuk perpergian di luar kota atau dalam kota. Tujuannya untuk menggunakan ban ini adalah membuat efisien bahan kabar yang lebih irit lagi. Berikut rekomendasi ban yang hemat bahan kabar dari Toko Ban Mobil Top Trust.

Baca juga: Ban Hemat Bahan Bakar

3. Ban Mobil Performa Tinggi

Ban ini dirancang khusus untuk performa yang tinggi demi persyaratan keselamatan internasional dengan mengutamakan kenyamanan dan ketenangan saat berkendara. Traksi pada ban ini memiliki performa yang menyakinkan segala medan permukaan jalan yang kering atau basah. keunggulan yang lainnya adalah memastikan stabilitas berkendara yang lebih baik pada saat manuver atau menikung dan mengurangi kebisingan pada ban supaya perjalanan menjadi lebih nyaman. Berikut rekomendasi ban dengan performa yang tinggi dari Toko Ban Mobil Top Trust:

Selain menjual ban mobil, toko ban Top Trust juga menjual ban truk, oli mesin mobil, dan oli mesin truk dengan merek-merek yang sudah dikenal luas di tengah masyarakat. Jangan ragu untuk membeli produk-produk kami, karena produk kami adalah kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau dan bisa grosir.

Penulis