Bagaimana Memilih Ban Truk Yang Tepat Untuk Anda

memilih ban truk

Memilih ban truk yang tepat biasanya orang-orang cenderung bingung saat ingin membeli ban truk, Karena setiap mengganti ban, ban tersebut tidak awet karena penyebab beberapa faktor, salah satunya adalah medan jalan yang di tempuh.

Memang ban truk adalah salah satu kebutuhan khusus bagi para pebisnis yang menjalankan operasional bisnisnya. Tapi jika tidak tahu cara memilih ban yang baik bagi truk Anda, maka kemungkinan akan menganggung kenyamanan pengendara bagi pengemudi truk. Dan lebih parah lagi adalah ban truk Anda cepat rusak dan mau tidak mau Anda harus membeli lagi padahal belum waktunya ganti.

Oleh sebab itu di sini akan di jelaskan mengenai cara memilih ban truk dengan benar dan tepat. Supaya Anda dapat memaksimalkan ban truk Anda sesuai dengan medan yang di tempuh.

Kunci dalam memilih ban yang tepat untuk truk Anda adalah dengan mempelajari jenis-jenis ban yang tersedia. Sebelum Anda mulai mempertimbangkan ban yang ingin dipilih, sebaiknya tentukan jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Berikut paduan umum memilih ban truk yang sesuai untuk Anda:

1. Pilihlah Ban Truk yang Tepat dari Jenis Bannya

Ban truk memiliki beberapa jenis yang masing-masing dirancang untuk meningkatkan kinerja ban pada truk yang lebih baik lagi. Jadi pilihlah jenis ban truk yang tepat sesuai dengan medan yang Anda lalui. Jika truk Anda sering melewati jalan yang tidak beraspal seperti jalan berlumpur, berpasir, atau berbatuan, maka pilihlah jenis ban truk off the road. Dan jika truk Anda sering melalui jalan yang beraspal, maka pilihlah jenis ban truk on the road.

Baca juga: Perbedaan Ban di Jalan On Road dan Off Road

2. Pilih Ban Radial atau Bias untuk Truk Anda

Faktor memilih ban radial atau bias, biasanya di tentukan dari tujuan kegunaan truk Anda. Jika truk Anda digunakan untuk memuat beban yang berat, jalan yang berbatu dan jarak perjalanan tidak terlalu jauh, maka cocok menggunakan ban bias. Sebaliknya jika truk Anda digunakan untuk perjalanan jarak jauh, jalan yang tidak berbatu dan beban yang tidak terlalu berat, maka cocok menggunakan ban radial. Kemudian jika truk Anda digunakan untuk perjalanan jauh dan beban yang berat, maka cari ban radial yang mampu menampung beban yang berat dan kuat dari berbatuan. Penjelasan perbedaan ban radial dan bias bisa di lihat di bawah ini.

Baca juga: Perbedaan Ban Kawat (Radial) dan Ban Benang (Bias)

3. Performa

Pilihlah ban dengan performa yang baik dalam mencengkeram jalan saat mengerem dengan kecepatan tinggi. Karena ini baik untuk keselamatan pengemudi truk Anda. Kemudian pilihlah ban yang baik saat menikung dan dalam kondisi jalan yang kurang bagus. Karena ban yang cengkeramannya bagus akan bisa menyeimbangkan truk Anda saat di tikungan. Begitu pun saat kondisi jalan yang buruk, ban tersebut akan leluasa melewati jalan yang kurang bagus.

4. Desain Telapak

Ban sudah di rancang dengan desain telapak yang berbeda-beda dan setiap desain tapak ban memiliki tujuan yang berbeda-beda juga. Contoh ada desain telapak ban yang dibuat untuk jalan yang beraspal, jalan berlumpur, berpasir, atau berbatuan. Sebab itu Anda harus menentukan truk Anda mau digunakan di jalan seperti apa. Jika sudah menentukan di jalan apa truk Anda biasa melewati jalan, maka itu akan berdampak  pada performa dan traksi dalam kelancaran perjalanan truk Anda. Karena desain telapak ban akan mempengaruhi kebisingan dan getaran saat di jalan.

5. Keselamatan

Memilih ban tepat dan berkualitas adalah hal yang wajib di perhatikan, karena ini menyangkut nyawa pengemudi truk. Jika Anda asal-asalan memilih ban yang kualitasnya kurang baik di medan Anda. Maka ada kemungkinan pengemudi truk akan mengalami kecelakaan yang di sebabkan oleh ban truk yang kurang baik. Oleh sebab itu carilah produk ban truk yang berkualitas demi keselamatan pengemudi truk Anda. Contoh ban truk yang berkualitas terbaik adalah ban bridgestone, gajah tunggal, dunlop, goodyear, sailun, aeolus, dan giti.

6. Gunakan Ukuran Ban yang Pas

Beli ban yang sesuai dengan ukuran ban truk Anda dengan standar dari pabriknya. Cara melihatnya, bisa lihat dari buku manual yang tertera atau dari dinding samping ban yang sudah ada dari pabriknya saat awal pembelian truknya. Membeli ukuran ban yang tepat akan memaksimalkan kinerja truk dengan baik.

7. Beli Ban Truk di Tempat yang Terpercaya

Pastikan beli ban truk di tempat toko yang terpercaya, jangan di tempat beli ban truk yang kurang terpercaya. Tujuannya untuk memberikan rekomendasi ban truk yang tepat sesuai dengan ban truk yang Anda gunakan.

Rekomendasi Toko Ban Terbaik dan Terpercaya: Top Trust

Penulis