Penjelasan Terkait Camber pada Roda Mobil

Camber adalah

Penjelasan Terkait Camber pada Roda Mobil – Berbicara tentang perawatan dan pengaturan posisi roda mobil, maka camber adalah salah satu yang harus dibahas selain caster dan toe. Untuk penjelasan lengkap apa itu caster, sudah ada di artikel sebelumnya. Kali ini, kita akan membahas terkait camber. Apa itu camber, serta macam-macam sudut camber yang biasa digunakan pada roda dan ban mobil.

Pengertian Camber

Camber atau sudut camber adalah sudut kemiringan bagian atas-bawah roda ke dalam atau ke luar jika dilihat dari depan atau belakang mobil. Berikut ilustrasinya.

Camber itu bisa dilihat dari depan atau belakang mobil. Jadi bagian bawah roda terlihat condong ke dalam atau ke luar, itulah camber. Peranan camber sangat penting terutama dalam menjaga kestabilan mobil saat berbelok di tikungan, sehingga jangan sampai diabaikan.

Ada 3 jenis setting atau pengaturan camber pada mobil. Camber positif, camber negatif, dan camber nol atau netral. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Berikut penjelasannya masing-masing.

Jenis Sudut Camber

Camber Positif

Camber positif adalah posisi roda bagian atas miring ke arah luar terhadap garis vertikal. Tujuan utama dari camber positif adalah untuk agar saat kendaraan atau mobil membawa beban dan berjalan, bagian bawah roda atau ban mobil yang tertarik ke arah luar bisa terimbangi. Sehingga, pada waktu roda berjalan yang otomatis membuat bagian bawah roda cenderung tertarik keluar akan tertarik ke arah dalam karena posisi camber positif. Selain itu, berat atau bobot kendaraan yang bertumpu pada spindle / steering knuckle, akan tepat posisi atau keudukan bertumpunya. Namun harus dengan catatan sudut camber sesuai spesifikasi. Karena meskipun memiliki keuntungan seperti di atas, jika sudutnya tidak sesuai dengan spesifikasi (terlalu positif), maka dapat menyebabkan slip antara roda dan jalanan.

Sudut camber positif tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah kemudi mobil akan terasa lebih ringan, sedangkan kekurangannya adalah dapat menyebabkan ban aus/gundul di sisi luar ban; kemudi mobil terasa liar, licin, dan gampang slip; serta saat berbelok bisa menyebabkan timbulnya bunyi berdecit yang abnormal.

Camber Negatif

Camber negatif adalah kebalikan dari camber positif, artinya adalah posisi roda bagian atas miring ke arah dalam terhadap garis vertikal. Camber jenis negatif ini sering digunakan pada kendaraan penggerak roda depan (front engine-front wheel drive). Ini dilakukan untuk meminimalisir kecenderungan kendaraan miring saat melakukan belokan dengan camber positif. Bahkan, jika pengemudi tidak berhati-hati bisa saja mobil terbalik saat melakukan tikungan.

Sama halnya dengan sudut camber positif, camber negatif juga ada kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kelebihan dari camber negatif adalah pengemudian terasa lebih stabil dan nyaman, mobil lebih mudah melakukan belokan patah, ban tidak mudah slip, traksi ban lebih bagus di jalanan, dan guncangan pada kendaraan tidak banyak terjadi. Sedangkan kekurangannya sendiri adalah kemudi terasa berat, timbul bunyi berdecit yang abnormal saat melakukan belokan, dan menyebabkan sisi dalam ban aus/gundul.

Perlu digarisbawahi, meskipun camber positif dan negatif memiliki kelebihan masing-masing, itu dapat diperoleh dengan syarat berada pada rentang batas spesifikasi. Rentang sudut camber pada umumnya adalah -1 hingga 3 derajat. Namun seringnya sudut yang dipakai adalah antara 0 sampai 1 derajat. Sedangkan perbedaan sudut antara ban kiri dan kanan maksimal adalah 0.5 derajat.

Camber Nol

Camber nol atau zero camber, sesuai dengan namanya adalah saat garis tengah roda berimpit atau sejajar dengan garis vertikal. Lantas apakah posisi camber lurus dan tegak seperti ini adalah yang terbaik? Jawabannya belum tentu. Dengan camber nol, konsekuensinya saat mobil membawa beban dan mulai berjalan, roda bagian bawah akan semakin tertarik keluar. Alhasil, tumpuan berat mobil yang awalnya tepat di spindle berpindah ke bagian luar spindle. Akhirnya, kemudi akan menjadi berat, roda gampang slip, dan stabilitas kemudi juga berkurang. Namun, karena camber nol cenderung memposisikan roda sejajar lurus dengan garis vertikal, maka bagus untuk mencegah keausan ban yang tidak merata.

Demikianlah penjelasan terkait camber pada mobil yang disertai kelebihan dan kekurangan setiap jenis sudutnya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari informasi tentang camber pada roda mobil.

Jangan lupa untuk urusan ban mobil dan ban truk terbaik, Top Trust ahlinya. Kami menyediakan berbagai produk ban berkualitas dari merek-merek terbaik dan terkenal. Selain itu, kami juga menyediakan oli mesin mobil dan oli mesin truk yang bisa Anda dapatkan dengan grosir, tentunya dengan harga terjangkau.

Penulis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *