Durasi Memanaskan Mobil Berapa Lama? Berikut Penjelasannya

Memanaskan mobil berapa lama

Durasi Memanaskan Mobil Berapa Lama? – Memanaskan mobil, atau lebih tepatnya memanaskan mesin mobil adalah salah satu hal normal dilakukan pemilik mobil di pagi hari. Biasanya dilakukan sambil bersiap-siap berangkat kerja atau berangkat keluar di pagi hari. Namun, pernahkan kalian bertanya-tanya berapa lama seharusnya durasi memanaskan mesin mobil ini. Atau malah, kalian adalah golongan pemilik mobil, motor, atau truk yang tidak memanaskan mesin? Mari kita bahas secara lengkap mulai dari manfaat memanaskan mobil, hingga berapa lama durasinya yang bagus.

Berapa Lama Waktu untuk Memanaskan Mobil?

Pertanyaan yang lumayan sering ditanyakan oleh orang adalah durasinya. Nah, seberapa lama sih sebenarnya durasi yang dibutuhkan mesin untuk terlumasi oleh oli. Untuk mobil atau kendaraan yang masih menggunakan karbu, durasi 5 – 10 menit sebenarnya sudah cukup. Oli sudah bisa melumasi mesin, listrik juga sudah cukup terisi ke dalam aki, sehingga tidak terjadi aki drop. Sedangkan untuk mobil dengan teknologi injeksi, hanya membutuhkan waktu 30 detik sampai 1 menit saja. Bahkan bisa dibilang tidak perlu memanaskan mobil, karena waktu 30 detik itu bisa sambil menyalakan dan kemudian dijalankan. Itu juga merupakan salah satu perbedaan karbu dan injeksi.

Jadi, tidak perlu kalian menunggu memanasi mesin sampai lama. Cukup 5 menit saja sudah bisa membuat oli melumasi komponen mesin kendaraan. Biasanya, untuk oli mesin mobil yang memang bagus dan sesuai dengan kebutuhan akan tetap menempel pada mesin meskipun mesin dalam kondisi mati. Jadi, hanya dengan menyalakan mesin sebentar, oli bisa menjangkau setiap celah-celah mesin.

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin kalian tanyakan adalah seberapa sering kita harus memanaskan mesin? Apakah setiap hari? Atau seminggu sekali? Nah, jawabannya adalah cukup seminggu sekali atau dua kali saja. Tidak perlu terlalu sering atau bahkan setiap hari. Tetapi tidak ada larangan juga untuk melakukannya setiap hari, toh juga hanya 5 menit.

Kerugian Memanaskan Mesin Mobil Terlalu Lama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memanaskan mobil cukup 5 – 10 menit saja, dan bahkan untuk mobil injeksi hanya butuh 1 menit saja. Lantas, jika terlalu lama memang apa masalahnya? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika memanaskan mobil terlalu lama. Yang pertama tentu saja ini hanya akan menghabiskan bensin, padahal kita semua berusaha untuk menghemat bbm sebisa mungkin.

Selanjutnya adalah menyalakan mobil tentu saja akan menimbulkan polusi gas. Apalagi biasanya masyarakat memanasi mobil di dalam garasi di dalam rumah. Gas beracun yang terakumulasi semakin lama juga akan menyebabkan masalah kesehatan untuk kita. Jadi ini adalah hal yang tidak baik untuk dilakukan.

Manfaat Memanaskan Mobil

Sebenarnya juga sudah sedikit disinggung di atas manfaat dari memanaskan mobil. Sekarang mari kita bahas secara mendalam, apa manfaat yang bisa kita peroleh dari memanaskan mobil.

Manfaat yang pertama tentu saja oli dapat melumasi seluruh komponen mesin sampai ke celah-celahnya. Dengan oli melumasi seluruh bagian mesin sebelum mobil digunakan, maka ini akan mengurangi kemungkinan kerusakan pada mesin. Jika oli tidak melumasi secara merata, tentu saja gesekan-gesekan antar komponen mesin bisa membuat mesin cepat aus, apalagi jika ini terjadi berulang-ulang.

Manfaat yang kedua adalah menjaga agar tidak terjadi kebocoran pada kompresi. Pemanasan mesin yang benar dan teratur dapat mengurangi potensi bocornya kompresi. Jika sampai bocor, maka ini bisa menyebabkan pencampuran bahan bakar dan udara menjadi kurang sempurna, ujungnya tenaga tidak optimal, mobil jadi boros.

Selanjutnya adalah urusan kelistrikan. Seperti yang sudah dijelaskan pada penyebab aki drop, yaitu kurangnya energi listrik yang disimpan oleh aki. Nah, salah satu cara agar hal ini tidak terjadi, atau menangani permasalahan aki drop adalah dengan rutin memanaskan mesin, agar aki tetap terisi energi listrik.

Penulis