Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil Bensin (BBM)

Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil Bensin (BBM) – Memilih oli yang tepat untuk mesin mobil menjadi salah satu hal terpenting dalam hal perawatan mobil. Salah memilih oli yang tepat untuk mesin mobil bisa berakibat kurang nyaman saat berkendara, bahkan bisa sampai mogok di tengah jalan jika ketidakcocokannya sudah terlalu parah. Maka dari itu memilih oli yang tepat menjadi sebuah kewajiban untuk Anda para pemilik mobil.

Pemilihan oli yang tepat sebenarnya memiliki beberapa aspek yang perlu diperhatikan, mulai dari umur mesin mobil, penggunaannya sehari-hari seperti apa, dan tentunya jenis mesin dari mobil itu sendiri. Untuk jenis mesin oli dan umurnya mungkin bisa dilihat di manual mobil itu sendiri. Tetapi untuk penggunaannya tentu saja pemilik dan penggunalah yang paling tahu bagaimana keseharian dari mobilnya. Itulah mengapa jika Anda berada di artikel ini untuk mencari rekomendasi oli mesin untuk mobil Anda, tentu saja Anda sendiri sebagai pemilik juga harus mempertimbangkan penggunaan sehari-harinya.

Melalui artikel ini, Top Trust sebagai distributor oli mesin mobil terlengkap akan membagikan rekomendasi oli mesin mobil bensin terbaik untuk Anda. Perlu diketahui bahwa oli untuk mobil bensin dan mobil diesel itu berbeda ya. Ini sangat penting, karena berhubungan dengan mesin mobil Anda.

Cara simpel untuk mengetahui suatu oli cocok digunakan untuk mesin mobil dengan bahan bakar bensin adalah dengan melihat spesifikasi API dari oli tersebut.

  • API S… (SC, SL, SN, SP, dll): Cocok untuk bensin saja
  • API C… (CC, CD, CF, CH-4, dll): Cocok untuk solar/diesel saja
  • API S…/C… (SN/CH-4, dll): Cocok untuk mesin bensin & solar/diesel (Diutamakan bensin)
  • API C…/S… (CF/SN, dll): Cocok untuk mesin bensin & solar/diesel (Diutamakan solar/diesel)

Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil Bensin

Oli Mineral

Oli mineral umumnya memiliki kekentalan atau viskositas lebih tinggi, jadi sebenarnya cocok untuk mesin-mesin lama yang sudah berumur 10 tahun ke atas. Oli-oli mineral juga secara pabrikan memang direkomendasikan untuk mesin dengan penggunaan normal, karena ketahanannya terhadap suhu yang tinggi kurang maksimal dibandingkan dengan penerus-penerusnya. Kelebihan oli mineral adalah harganya yang sangat terjangkau, dan kekentalan yang relatif tinggi jadi cocok untuk mobil-mobil lama.

Shell Helix HX3
Shell Helix HX5
Mesran Super

Oli Semi Sintetik

Oli semi sintetik adalah oli yang bisa dibilang saat ini terbanyak jumlahnya di pasaran. Untuk kualitas dan kestabilan viskositas tentunya lebih bagus dibandingkan oli mineral. Selain itu, oli-oli keluaran terbaru umumnya juga sudah menggunakan teknologi baru dan menyesuaikan dengan kebutuhan emisi mesin terbaru, jadi sudah jarang produk-produk oli baru komposisinya mineral. Umumnya sudah menggunakan semi sintetik atau full sintetik.

TMO 10W-40 Bensin
Fastron Techno 10W-30
Fastron Techno 10W-40
Fastron Techno 15W-50
Fastron Techno 0W-20
Fastron Gold 0W-20
Fastron Gold 5W-30
Fastron Gold 5W-40

Oli Sintetik untuk LCGC

Oli-oli berikut khusus diformulasikan untuk kebutuhan mobil LCGC dan semakin memaksimalkan fitur utama mobil LCGC, yaitu hemat bensin. Jadi oli-oli berikut juga volumenya tidak terlalu besar, hanya sekitar 3L saja, sesuai dengan kebutuhan dari LCGC. Anda juga bisa cek selengkapnya di rekomendasi oli mobil LCGC.

Shell Helix Eco Plus 5W-30
Shell Helix Eco Plus 0W-20
Fastron Eco Green 5W-30
Fastron Eco Green 0W-20

Oli Full Sintetik

Yang terakhir tentu jenis oli full sintetik, di mana bahan-bahan atau komposisi penyusun oli sudah merupakan bahan-bahan kimia yang diformulasikan sedemikian rupa sehingga berbagai fitur juga semakin banyak ditambahkan. Semakin banyak kandungan sintetik pada oli, tentunya ukuran molekul akan semakin merata. Selain itu kestabilan viskositas juga akan semakin tinggi, sehingga tidak cepat menguap pada kondisi ekstrem sekalipun.

Fastron Platinum Racing 10W-60
Shell Helix Eco Plus 0W-20
Shell Helix HX6 10W-40
Fastron Platinum 0W-40
Shell Helix City 0W-20
Shell Helix Eco Plus 0W-20
Shell Helix HX6 10W-40

Itulah berbagai macam oli mesin untuk mobil berbahan bakar bensin yang direkomendasikan oleh Top Trust. Ada 3 jenis oli yang memang umum digunakan, mulai dari oli mineral hingga oli full sintetik. Pelajari juga perbedaan oli sintetik dan mineral agar lebih paham mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda.

Top Trust juga menyediakan oli-oli di atas yang bisa Anda beli secara online dengan menghubungi sales online kami melalui WA. Selain itu juga bisa melalui ecommerce kesayangan Anda.

Penulis