Rekomendasi Oli Terbaik untuk Toyota Avanza

Oli mobil Toyota Avanza

Rekomendasi Oli Terbaik untuk Toyota Avanza – Mobil Toyota Avanza, bisa dibilang adalah mobil sejuta umat di Indonesia. Mulai dari daerah perkampungan, hingga metropolitan, Avanza sudah menjadi mobil yang sangat umum ditemui di jalanan. Meskipun pada tahun 2023 lalu, Toyota Avanza bukan menjadi mobil terlaris di Indonesia. Saudaranya, yaitu Toyota Kijang Innova yang menjadi pemuncak klasemen. Namun tetap, bukan pemuncak klasemen bukan berarti penjualannya tidak banyak. Penjualannya tetap luar biasa, mencapai lebih dari 59 ribu unit dan berada pada ranking keempat terlaris.

Semakin banyak sebuah mobil terjual dan digunakan, maka tentu saja spare part dan permintaan akan perawatan mobil tersebut semakin tinggi. Misalnya ban mobil Avanza, atau ukuran yang cocok dengan standar mobil Avanza tentunya akan sangat banyak dicari di pasaran. Oli mesin juga sama. Semakin banyak Toyota Avanza beredar dan digunakan masyarakat, maka oli mesin Avanza pasti banyak dicari. Apalagi oli mesin memang harus disesuaikan dengan manual mobil, seberapa kekentalannya, spesifikasinya, serta orisinalitasnya. Jangan sampai kalian membeli oli palsu. Ketahui cara membedakan oli asli dan palsu agar kalian tidak tertipu. Bukannya mesin mobil mulus dan bersih, malah membuat mesin kasar bahkan rusak. Namanya saja oli palsu, kita tidak pernah tahu apa yang dimasukkan ke dalamnya sebagai campuran.

Spesifikasi Oli Toyota Avanza

Kebutuhan spesifikasi oli Toyota Avanza secara singkat adalah telah memenuhi standar minimal ILSAC GF-5 dan API SN. Sedangkan untuk kekentalan atau viskositas cukup bervariasi. Mesin Toyota Avanza yang berumur lebih dari 10 tahun, cocok menggunakan oli dengan kekentalan SAE 5W-30, 10W-30, 5W-40, dan 10W-40. Berbeda dengan Avanza berumur kurang dari 10 tahun, apalagi kurang dari 5 tahun, yang dibutuhkan adalah oli yang lebih encer, karena mesin masih sangat presisi dan membutuhkan yang lebih encer agar bisa masuk ke sela-sela yang masih sangat rapat. Maka dari itu, untuk oli Avanza yang masih berumur kurang dari 10 tahun, bisa menggunakan oli dengan viskositas 0W-20.

Rekomendasi Oli Toyota Avanza Umur 10 Tahun Lebih

1. TMO Bensin SAE 10W-40

Membicarakan Avanza, tentunya membicarakan produk keluaran Toyota. Sebelum membahas oli mobil dari brand lain, tentunya produk oli keluaran dari Toyota sendiri menjadi pilihan terbaik pertama. TMO atau Toyota Motor Oil adalah produk oli terbaik dari Toyota yang memang dikhususkan untuk mobil-mobil keluaran Toyota, seperti Avanza misalnya. Oli ini memenuhi standar API SN dengan kekentalan SAE 10W-40 dengan kandungan semi sintetik atau memiliki basis minyak sintetik.

Oli ini cocok sekali untuk oli Toyota Avanza keluaran lama atau yang berumur 10 tahun ke atas. Dengan viskositas atau kekentalan standar SAE 10W-40 tentunya memang banyak mobil-mobil berumur 10 tahunan yang cocok dengan oli ini. Berikut adalah produk dan harga oli TMO bensin 10W-40 dari Top Trust.

2. Shell Helix HX6 SAE 10W-40

Untuk pilihan kedua tentunya dari brand terkenal dunia yang memang telah melalui 1 abad dan masih terus berdiri bahkan bertambah besar, apalagi kalau bukan Shell. Apapun mobilnya, Shell Helix wajib masuk dalam pilihan olinya. Terutama untuk Shell Helix HX6 10W-40 yang sudah semi sintetik, banyak sekali direkomendasikan untuk berbagai macam mobil bensin maupun diesel, termasuk oli untuk Toyota Avanza. Namun kembali lagi, dengan viskositasnya ini, kami sarankan untuk menggunakannya pada Toyota Avanza keluaran 10 tahun ke atas.

Standarisasi dari Shell Helix HX6 sendiri adalah API SN+ dan ACEA A3/B3, A3/B4. Artinya, oli ini sudah tersertifikasi untuk digunakan pada mobil berbahan bakar bensin maupun diesel. Toyota Avanza yang menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya cocok sekali menggunakan oli Shell Helix HX6 ini. Berikut adalah harga oli Shell Helix HX6 di Top Trust.

3. MOTUL 4100 TURBOLIGHT 10W-40

Motul 4100 Turbolight

Selanjutnya ada oli dari salah satu brand terbaik dunia juga, Motul. Oli Motul 4100 Turbolight adalah salah satu produk oli mobil terbaik dari Motul dengan viskositas SAE 10W-40. Oli ini sudah semi sintetik, sesuai standar API SN dan ACEA A3/B4 yang aman dan cocok untuk Toyota Avanza. Kekurangan dari oli Motul umumnya adalah dari segi harga, karena memang produk Motul termasuk mahal, tapi kualitas tak perlu dipertanyakan.

4. TOP 1 Zenzation SAE 10W-40

TOP 1 Zenzation oli Innova

Selanjutnya ada oli dari TOP 1, yaitu TOP 1 Zenzation SAE 10W-40. Sama dengan rekomendasi sebelumnya, oli ini berbasis sintetik atau biasa disebut semi sintetik. Klaim dari TOP 1 sendiri kandungan sintetiknya 30% lebih banyak dibandingkan kandungan mineralnya. Oli TOP 1 Zenzation ini juga telah tersertifikasi API SN dan Euro 6 Standard. Artinya sangat cocok dijadikan oli mobil Toyota Avanza.

5. Fastron Techno SAE 10W-40

Fastron Techno 10W-40 oli innova

Oli rekomendasi selanjutnya adalah produk lokal dalam negeri produksi Pertamina, yaitu varian Fastron Techno SAE 10W-40. Produk lokal dari Pertamina ini telah tersertifikasi API SN, jadi jangan memandang sebelah mata. Dengan base oil atau basis minyaknya adalah sintetik, tentunya layak disandingkan dengan oli produksi perusahaan-perusahaan besar dunia. Cocok untuk dijadikan oli Toyota Avanza. Dengan teknologi NanoGuard, Fastron Techno SAE 10W-40 memberikan perlindungan terhadap mesin sehingga mesin menjadi lebih tahan lama. Oli ini bisa dibeli di Top Trust dengan harga 72.600 untuk ukuran 1L dan 285.000 untuk ukuran 4L. Langsung hubungi sales online kami melalui tombol di bawah.

Rekomendasi Oli Toyota Avanza Umur 0 – 10 Tahun

1. Shell Helix City SAE 0W-20

Mobil Avanza keluaran terbaru, terutama yang masih berumur kurang dari 5 tahun membutuhkan oli yang lebih rendah kekentalannya. Shell Helix City dengan kekentalan yang rendah, mencapai 0W-20 tentunya sangat cocok untuk mobil Toyota Avanza terbaru, apalagi jika penggunaannya di perkotaan yang sering terjadi kemacetan. Active Seal Conditioning Technology pada oli Shell Helix City membantu menjaga katup mesin tetap fleksibel untuk menghindari penguapan dan kebocoran oli, jadi sangat cocok digunakan di daerah perkotaan di mana kemacetan menjadi makanan sehari-hari.

Selain tingkat viskositas rendah yang tentunya sangat ulet dalam menembus setiap sela-sela mesin mobil baru, Shell Helix City sendiri sudah full sintetik, sehingga lebih tahan terhadap suhu mesin yang tinggi dan tidak cepat menguap. Untuk standarisasi, oli ini sudah memenuhi ILSAC GF-6 dan API SP yang merupakan standarisasi terbaru untuk mobil-mobil keluaran terbaru.

2. Shell Helix HX7 SAE 5W-40

Shell Helix HX7

Rekomendasi yang terakhir masih dari oli mesin Shell, yaitu Shell Helix HX7 SAE 5W-40. Salah satu varian oli full sintetik dari Shell. Oli yang satu ini cocok digunakan sebagai oli Toyota Avanza dengan umur kurang dari 10 tahun karena memiliki tingkat kekentalan yang rendah. Dengan basis full sintetik, tentunya oli ini lebih stabil kekentalannya pada suhu berapapun, sehingga cocok untuk mobil Avanza dengan penggunaan ekstrem.

Selain itu, fitur Flexi Molecule dan LSPI Protection dari Shell membuatnya dapat menjangkau seluruh bagian komponen sepresisi apapun. Mesin akan semakin awet, bersih, dan terlindung dari suhu yang tinggi karena molekul-molekul oli ini akan secara otomatis aktif di saat suhu mesin naik.

Penulis