Top Trust

0

Keranjang

0
Subtotal: Rp0

No products in the cart.

No products in the cart.

Cara Membedakan Oli Shell Palsu dan Asli

Cara Membedakan Oli Shell Palsu dan Asli

Cara Membedakan Oli Shell Palsu dan Asli – Maraknya oli palsu di pasaran saat ini tentu saja membuat masyarakat resah dan memang sangat merugikan banyak pihak. Mulai dari masyarakat umum yang menjadi pembeli, juga produsen asli yang kehilangan omzet, dan tentu saja ada kemungkinan mencemarkan produknya.

Maka dari itu, beberapa produsen oli juga memandang serius permasalahan ini dan berusaha memberikan solusi untuk masyarakat luas agar tidak menjadi korban para pemalsu oli. Omzet pemalsu oli yang mencapai milyaran setiap bulannya tentunya juga sudah banyak yang dibongkar oleh kepolisian di setiap daerah, namun tetap saja akan ada yang masih belum terungkap dan terus memproduksi oli palsu.

Dari beberapa produsen oli terbaik dan menjual produknya di Indonesia, ada Shell dengan berbagai macam varian olinya. Mulai dari oli untuk motor, oli Shell mobil, hingga oli truk diesel. Menanggapi permasalahan ini, Shell juga menghimbau masyarakat untuk lebih teliti dalam membeli pelumas untuk kendaraannya.

Kali ini, Top Trust sebagai toko oli Shell terpercaya akan memberikan tips-tips bagaimana cara membedakan oli Shell palsu dan asli. Jadi kalian semua sebagai pengguna oli Shell Helix maupun Shell Rimula, atau bahkan Shell Advance untuk para pengguna motor dapat melakukan cek keaslian oli Shell yang dibeli.

Perbedaan Oli Shell Palsu dan Asli

Perbedaan pada oli palsu dan asli dapat kalian temukan dengan mengecek beberapa hal berikut ini.

1. Cek Kemasan

Cara membedakan antara yang palsu dan asli adalah dengan cek kemasan oli Shell yang kalian beli. Kita berbicara mengenai Shell, perusahaan yang telah menjadi top of mind di seluruh dunia untuk urusan pelumas kendaraan. Tidak mungkin perusahaan sekaliber ini kemudian tidak ada tahap quality control masalah kemasan. Jadi, dari kemasan saja harusnya kita sudah bisa sedikit menebak apakah ini oli Shell asli atau oli Shell palsu. Jika sampai pada kemasannya apakah itu botol, tutup botol, label, atau bahkan warna label terlihat berkualitas rendah atau terkesan kurang cerah, maka kemungkinan itu adalah oli palsu.

Kemasan ini bisa meliputi beberapa hal seperti yang dijelaskan sebelumnya. Yang pertama tentu saja label pada botol. Label oli dari produsen sebesar Shell tentu saja telah ditentukan mulai dari jenis kertas label, warna, serta kualitas cetaknya. Jadi, hampir tidak mungkin produk dengan label kusam apalagi gradasi putih lolos ke pasaran.

Yang kedua adalah botol itu sendiri. Produsen palsu yang nakal tujuan utamanya adalah mencari untung sebanyak-banyaknya dengan modal sekecil mungkin. Jadi tentu saja sebisa mungkin akan mencari alternatif apapun untuk menekan biaya produksinya. Salah satunya adalah botol. Jika botol oli Shell baru yang kalian beli sampai terlihat kusam atau tidak cerah, tentu saja kalian harus curiga. Karena botol yang dipakai untuk oli asli adalah botol baru, bukan bekas pakai.

Yang ketiga adalah tutup botol. Ini penting untuk kalian perhatikan. Karena pada tutup botol dan sealnya akan terlihat bagaimana kondisi dan penampakan dari segelnya. Bahkan juga kondisi tutup itu sendiri dapat menjadi indikator, karena kembali lagi, tidak mungkin produk hasil produksi Shell ditutup asal-asalan.

2. Cek Segel pada Tutup Botol

Selanjutnya yang terpenting dan menjadi indikator utama adalah segel pada tutup botol oli Shell. Pada varian oli Shell apapun, mulai dari Shell Helix, Shell Advance, Shell Spirax, dan Shell Rimula, semuanya memiliki segel yang menempel pada tutupnya. Nah, para pemalsu juga tetap mencoba memalsukan segel ini. Maka dari itu, kalian juga harus tahu bagaimana perbedaan segel oli Shell asli dengan yang palsu.

Segel/Seal Asli

Segel Oli Shell Asli

Segel yang asli akan terlihat pada hologramnya. Hologram pada segel oli Shell asli akan memiliki 3 gambar yang berbeda jika dilihat dari sisi yang berbeda. Pada 1 sisi, kalian akan melihat logo Shell, yaitu cangkang kerang, lalu di sisi lain akan melihat roda gigi. Jika kalian memiringkan atau melihatnya dari sisi lain, maka akan tampak gambar botol oli.

Segel/Seal Palsu

Segel Oli Shell Palsu

Berbeda dengan yang asli, segel palsu memiliki hologram yang statis. Artinya dilihat dari sisi manapun akan tetap sama seperti pada gambar di atas. Lagi-lagi jika kita logika, produsen oli palsu tidak akan terlalu mepedulikan hingga sedetail itu karena memang menekan biaya produksi serendah mungkin.

3. Cek QR Code pada Segel “Jam Jar”

Jam Jar Shell

Kembali lagi dengan segel pada tutup botol. Pada segel oli Shell Helix, kalian akan menemukan kode QR yang dapat kalian scan menggunakan smartphone. Fitur atau teknologi ini dinamai dengan “Jam Jar” oleh Shell. Segel Jam Jar memiliki kode QR yang bisa dipindai dan terhubung ke server Shell Anti-Counterfeit System (Sistem Shell untuk anti pemalsuan). Letaknya ada di bawah segel pertama yang berisi hologram seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Berikut langkah-langkah untuk memindai Jam Jar pada segel.

  • Siapkan aplikasi QR Scanner di smartphone kalian.
  • Buka atau lepas segel lapisan pertama.
  • Scan kode QR yang tertera pada Jam Jar.
  • Kalian akan menuju ke website www.ac.shell.com setelah memindai kode QR.
  • Pilih Indonesia pada Select Country.
  • Pilih bahasa Indonesia pada Select Language
  • Ketika muncul slider yang berisikan perintah “Mohon digeser ke kanan”, maka kalian harus menggesernya sampai menjadi “Terima kasih”.
  • Hasil akan menunjukkan “Kode Benar” dan akan terdapat pula informasi oli sudah pernah digunakan atau belum.
  • Selesai

Berikut contohnya dalam bahasa Inggris, tapi intinya mirip seperti ini hasilnya.

Barcode Oli Shell

Ingat, jika yang muncul adalah kode yang benar, tetapi sudah pernah dipindai atau sudah pernah digunakan, maka kalian perlu curiga. Mengapa? Karena segel luar yang berupa hologram itu jika sudah dilepas maka sulit untuk direkatkan lagi. Artinya, jika sampai kode QR yang kalian pindai ternyata sudah pernah dipindai, kemungkinan memang itu kode bekas yang dipakai kembali oleh pemalsu.

4. Cek 16 Digit Kode pada Website

Sebenarnya ini adalah alternatif untuk kalian yang tidak memiliki aplikasi scanner. Kalian bisa langsung menuju website www.ac.shell.com dan memasukkan 16 digit kode yang tertera pada segel Jam Jar.

5. Cek 16 Digit Kode Melalui SMS

Ini juga alternatif lain yang bisa kalian gunakan jika sedang tidak memiliki akses internet. Kalian bisa mengirimkan 16 digit kode ke 085574670055. Layanan ini gratis tidak dipotong pulsa.

Beli Oli Shell Asli di Toko Oli Terpercaya

Untuk kalian semua pengguna setia oli Shell mobil maupun oli Shell truk diesel, harus jeli dalam memilih toko oli yang terpercaya. Untuk kalian yang berada di wilayah Surabaya dan sekitarnya, Top Trust adalah pilihan terbaik untuk urusan oli mobil maupun oli truk. Jadi, jangan ragu untuk membeli oli Shell terbaik di toko kami. Tersedia juga di e-commerce seperti Tokopedia. Berikut lokasi toko Top Trust Surabaya.

premium bootstrap themes

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
promo oli pertamina