Top Trust

0

Keranjang

0
Subtotal: Rp0

No products in the cart.

No products in the cart.

Penjelasan Apa Itu Spooring dan Balancing beserta Fungsinya

Spooring dan balancing

Penjelasan Apa Itu Spooring dan Balancing beserta FungsinyaSpooring dan balancing adalah hal wajib dalam urusan perawatan mobil, terutama jika kita membicarakan ban dan roda.

Tingkat mobilitas serta jenis medan yang sering dilalui mobil menjadi penentu seberapa sering spooring dan balancing harus dilakukan. Karena memang kedua perawatan roda mobil ini fungsi utamanya adalah untuk mengembalikan kondisi mobil ke pengaturan pabrik agar tetap stabil dan nyaman digunakan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang spooring dan balancing beserta fungsinya masing-masing untuk mobil, Top Trust telah merangkumnya dalam tulisan berikut.

Apa Itu Spooring dan Balancing?

Meskipun keduanya seringkali disebutkan secara bersamaan, yaitu spooring balancing, sebenarnya keduanya adalah jenis perawatan yang berbeda pada roda-roda mobil.

1. Apa Itu Spooring?

Spooring merupakan suatu proses pengaturan sudut kemudi dan kesejajaran roda pada mobil. Tujuannya adalah untuk memastikan mobil berjalan lurus dan stabil di jalan raya. Ketika mobil tidak di-spoor dengan baik, maka akan terasa tidak nyaman saat berkendara dan menghasilkan pola ban yang tidak merata. Selain itu, spooring yang buruk juga dapat menyebabkan mobil mudah tergelincir saat berbelok atau ketika terjadi situasi darurat.

Spooring dapat dilakukan pada semua jenis kendaraan, mulai dari mobil pribadi, truk, bus, hingga motor. Proses spooring terdiri dari dua tahap, yaitu spooring depan dan belakang. Spooring depan dilakukan untuk mengatur sudut caster, camber, dan toe-in pada roda depan. Sedangkan, spooring belakang dilakukan untuk mengatur sudut camber dan toe-in pada roda belakang. Proses spooring dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut dengan aligner atau mesin spooring.

Penting untuk melakukan spooring secara rutin untuk memastikan mobil Anda selalu dalam kondisi yang aman untuk dikendarai. Spooring biasanya dilakukan setelah mobil melakukan perbaikan atau mengganti ban. Namun, jika mobil Anda terasa tidak stabil atau menghasilkan pola ban yang tidak merata, maka Anda perlu segera melakukan spooring.

Baca juga: Cara Merawat Ban Mobil

2. Apa Itu Balancing?

Balancing adalah proses penting dalam perawatan mobil yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan putaran roda. Saat mobil bergerak, roda akan berputar dengan kecepatan yang tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa roda mobil berputar dengan seimbang dan tidak menimbulkan getaran yang tidak diinginkan.

Jika roda mobil tidak seimbang, maka akan terasa getaran pada setir mobil. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara dan dapat mengganggu kenyamanan Anda selama dalam perjalanan. Terlebih lagi, getaran yang terus menerus pada mobil dapat menyebabkan kerusakan pada suspensi mobil dan dapat menyebabkan ban mobil aus dengan cepat.

Maka dari itu, melakukan balancing sangat penting dalam menjaga keseimbangan dan stabilitas mobil saat berkendara. Balancing dilakukan dengan cara menambahkan bahan seimbang pada bagian-bagian roda yang berat atau mengurangi bobot pada bagian-bagian roda yang terlalu berat. Proses balancing memastikan bahwa roda berputar dengan seimbang dan tidak menimbulkan getaran yang tidak diinginkan.

Teknisi biasanya akan menambahkan timah pada velg sesuai kebutuhan agar massa atau bobot roda menjadi sama satu sama lain. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan titik tumpu kanan-kiri dan depan-belakang mobil. Dengan begitu, saat mobil dikendarai akan terasa lebih seimbang di semua sisi.

Biasanya, balancing dilakukan saat penggantian ban dan velg atau saat telah mencapai batas kilometer balancing mobil.

Fungsi Melakukan Spooring dan Balancing

Setelah memahami keduanya, ada baiknya untuk mengetahui fungsi dari kedua perawatan tersebut. Berikut adalah beberapa fungsi dari melakukan spooring dan balancing pada mobil.

  1. Agar setir tidak bergetar
  2. Mengembalikan kestabilan mobil
  3. Menyamaratakan tingkat keausan ban
  4. Menjaga kontrol mobil agar tetap nyaman digunakan
  5. Mencegah kerusakan pada bagian roda

Setelah mengetahui pengertian masing-masing beserta fungsinya, tentunya anda akan termotivasi untuk melakukan perawatan kaki-kaki mobil anda secara rutin. Lakukanlah perawatan secara rutin, jangan menunggu rusak baru bertanya-tanya kenapa kerusakan itu terjadi.

Namun jika sampai terjadi kerusakan pada bagian roda mobil anda, terutama ban luar dan ban dalam, maka pastinya anda harus menggantinya dengan produk yang berkualitas. Top Trust menyediakan berbagai macam merek produk ban mobil dan ban truk dengan kualitas terbaik dan merek terkenal seperti ban Bridgestone, ban Giti, ban GT Radial, ban Gajah Tunggal, ban Sailun, ban Dunlop, ban Epco, ban Swallow, ban Aeolus, dan ban Goodyear. Bingung ukuran ban yang cocok? Tinggal lihat daftar ukuran ban mobil yang cocok untuk mobil anda. Anda juga bisa membeli oli mesin mobil dan oli mesin truk merek terkenal seperti Shell dan Pertamina di toko kami.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart