Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru, Jangan Sampai Keliru!

Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru

Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru – Membicarakan oli mesin, terutama oli mesin mobil, maka Shell Helix akan menjadi brand peringkat atas di bayangan siapapun. Dengan sejarah dan track record yang panjang untuk urusan pelumas mobil, sudah sewajarnya Shell menjadi top of mind di tengah masyarakat bukan hanya Indonesia tetapi seluruh dunia.

Semakin lama sebuah brand berdiri, tentu saja produknya akan semakn banyak jenisnya, tidak terkecuali brand oli yang satu ini. Bahkan, Shell memiliki jenis oli untuk masing-masing kendaraan. Mulai dari oli motor, oli mobil, hingga oli diesel atau truk. Di dalam setiap jenis oli mesin tersebut, ada segmennya masing-masing juga. Terutama untuk oli mesin mobil, banyak sekali variannya. Bahkan sampai masyarakat awam biasanya tidak tahu apa perbedaannya.

Brand Shell untuk oli mesin mobil adalah Shell Helix. Turunannya ada Shell Helix HX3, sampai Helix Extend. Semuanya memiliki spesifikasi dan kecocokannya masing-masing.

Nah, di tengah masyarakat kita, kebanyakan mengenal oli Shell Helix untuk mobil ini dalam 2 varian saja, yaitu oli Shell kuning dan biru. Bahkan masyarakat kita membedakannya dalam kategori warna saja, sesimpel itu. Padahal hal ini kurang tepat. Kali ini, toko oli Shell Top Trust akan menjelaskan perbedaan antara oli Shell kuning dan biru.

Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru

1. Oli Shell Kuning

Sebenarnya, Shell Helix memiliki 2 produk yang botolnya berwarna kuning. Maka dari itu, sebenarnya kurang tepat menggolongkan Shell Helix kuning dan biru. Jadi, pada pembahasan oli Shell kuning ini ada 2 produk, yaitu oli Shell Helix HX5 dan oli Shell Helix HX6.

Keduanya adalah oli dengan segmentasi yang berbeda. Shell Helix HX5 komposisinya berbasis mineral, sedangkan Shell Helix HX6 komposisinya semi-sintetik, atau biasa juga disebut berbasis sintetik. Perbedaan oli sintetik dan mineral dapat dibaca di artikel Top Trust yang lain.

Dengan perbedaan komposisi penyusun minyak pada keduanya, tentu saja kecocokan dengan mesin juga berbeda. Shell Helix HX5 lebih cocok untuk mesin-mesin mobil lama, biasanya yang berumur 10 tahun ke atas. Sedangkan untuk Shell Helix HX6 lebih cocok digunakan pada mesin yang lebih baru. Misalnya untuk oli Avanza keluaran 5 – 10 tahun yang lalu.

Kemudian yang selanjutnya dan yang terpenting adalah perbedaan kekentalan atau viskositas dari keduanya. Shell Helix HX5 memiliki viskositas lebih tinggi karena memang oli mineral cenderung memiliki kekentalan tinggi untuk meminimalisir terjadinya keboccoran atau merembesnya oli keluar pada mesin-mesin tua yang sudah tidak terlalu presisi celah antar komponennya. Viskositas dari Helix HX5 adalah SAE 15W-40.

Jika HX5 memiliki viskositas 15W-40, maka Helix HX6 memiliki viskositas lebih rendah, yaitu 10W-40, yang artinya lebih encer. Maka dari itu, oli ini lebih cocok untuk mobil keluaran lebih baru dan penggunaan dengan kecepatan yang lebih tinggi. Artikel Top Trust lain yang membahas tentang cara membaca kode oli bisa dibaca untuk memahami lebih jauh terkait kode-kode yang tertera pada kemasan atau botol oli.

Selain itu, ada pembeda lagi di antara kedua oli ini. Shell Helix HX5 memiliki sertifikasi standar dengan kode API-SN/CF dan ACEA A3/B3. Sedangkan Shell Helix HX6 telah memenuhi kode standar API SN+, API SN, ACEA A3/B3, dan ACEA A3/B4. Helix HX6 memiliki kode standar yang lebih banyak dan lebih baru, karena memang sudah berbasis sintetik, sehingga viskositasnya lebih stabil. Perlu digarisbawahi, kedua oli Shell kuning ini dapat digunakan pada mesin mobil bensin ataupun diesel.

2. Oli Shell Biru

Jika pada oli Shell kuning terdapat 2 jenis oli, maka pada Shell biru hanya terdapat 1 varian yaitu oli Shell Helix HX7. Shell Helix HX7 adalah oli jenis full sintetik, di mana komposisi minyaknya dari tersusun dari bahan-bahan sintesis yang dikhususkan untuk merawat komponen mesin.

Oli full sintetik yang tentunya memiliki viskositas lebih rendah lagi dibandingkan oli semi sintetik seperti Shell Helix HX6 ini cocok digunakan untuk mesin-mesin terbaru. Dengan viskositas SAE 5W-40, mobil-mobil keluaran terbaru, terutama mobil sport sangat dianjurkan untuk menggunakan oli full sintetik seperti ini guna memaksimalkan kinerja mesinnya. Oli yang encer tentu saja akan semakin mudah masuk ke sela-sela sempit pada mesin mobil baru yang masih sangat presisi. Selain itu, dengan kinerja mobil sport yang biasanya dipacu dengan kecepatan tinggi, tentu saja oli yang lebih encer dapat mengimbangi gerakan dari komponen mesin yang bergerak dengan sangat cepat.

Jika pada oli Shell kuning keduanya hanya dibekali fitur Active Cleansing Technology untuk secara aktif membersihkan kerak, karat, dan kotoran pada komponen mesin, maka pada Shell biru memiliki fitur lain, yaitu Flexi Molecul Technology. Fitur ini membuat oli mesin melekat ke bagian mesin untuk memberikan perlindungan dasar yang pasif.

Jika diibaratkan dengan cara kerja organ tubuh manusia, maka Flexi Molecule beroperasi seperti obat yang bergerak melalui tubuh dengan tenang, namun akan segera beraksi saat mencapai area tubuh yang membutuhkannya. Dengan logika yang serupa, Flexi Molecule tidak akan berfungsi saat tekanan rendah, tetapi akan aktif secara instan untuk membentuk pelindung saat terpapar tekanan dan suhu tinggi.

Selain itu, HX7 juga dilengkapi dengan fitur LSPI Protection yang dapat membantu menghindari gejala knocking pada mesin yang menggunakan turbocharger. Dari sini saja sudah sangat jelas oli yang satu ini memang terspesialisasi untuk mobil dengan kecepatan tinggi, yaitu mobil-mobil keluaran terbaru termasuk mobil sport.

Kode standar pada Shell Helix HX7 ini sama dengan HX6, yaitu API SN+ dan ACEA A3/B4. Selain itu juga bisa digunakan pada mesin mobil diesel.

Itulah penjelasan terkait perbedaan oli Shell kuning dan biru yang mencakup 3 varian oli dari Shell Helix. Berikut rangkumannya dalam bentuk tabel.

Perbedaan oli Shell Kuning dan Biru

Sekian penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari oli mesin mobil. Pastikan selalu memeriksa tutup botol oli yang kalian beli untuk membedakan oli Shell asli dan palsu. Namun, daripada khawatir akan keaslian oli, kalian bisa langsung membeli oli Shell Helix di toko oli mobil terdekat Top Trust dengan menghubungi WA di pojok kanan bawah. Dijamin original 100% dan harga bersaing.

Penulis