Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Innova Bensin

Oli innova bensin

Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Innova Bensin – Toyota Kijang Innova adalah salah satu mobil dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Karena memang sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia, maka tidak heran jika penggunaan dan penjualannya sendiri terus naik setiap tahunnya. Bahkan, varian dari Innova sendiri juga semakin banyak. Bahkan ada juga pilihan Innova bensin dan diesel.

Sebagai pemilik mobil Innova, tentunya kita harus memahami kebutuhannya yang berbeda tergantung dengan jenisnya, terutama untuk perbedaan Innova bensin dan diesel. Dengan jenis bahan bakar dan mesin yang berbeda, tentu saja perawatan yang dibutuhkan juga berbeda.

Produk Oli dari Top Trust untuk Innova Bensin

Membicarakan perawatan mesin kendaraan, oli atau pelumas menjadi pilar utama yang wajib diperhatikan. Menjadi cairan yang wajib ada guna melumasi, membersihkan, dan mendinginkan komponen mesin, penting untuk memilih oli mesin terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Kali ini, Top Trust akan berbagi rekomendasi oli mesin mobil terbaik untuk Toyota Kijang Innova bensin.

Rekomendasi Oli Terbaik untuk Innova Bensin

Sebelum menuju ke daftar rekomendasi oli, ada baiknya untuk mengetahui kebutuhan spesifikasi oli untuk mobil ini. Yang dibutuhkan adalah oli dengan viskositas SAE 5W-40 atau 10W-40. Maka dari itu, rekomendasi oli berikut adalah beberapa oli di pasaran yang memiliki sepesifikasi tersebut.

1. Shell Helix HX6 SAE 10W-40

Yang pertama adalah produk dari Shell, yaitu oli Shell Helix HX6. Oli ini memiliki komposisi minyak berbasis sintetik, atau lebih tepatnya disebut dengan semi-sintetik. Dengan kandungan berbasis sintetik, tentu saja oli ini memiliki kestabilan dalam hal kekentalan saat suhu mesin naik. Selain itu, juga lebih tahan akan penguapan dibandingkan dengan oli mineral. Sebagai pengguna mobil, tentunya penting juga untuk mengetahui perbedaan oli sintetik dan mineral agar tidak salah pilih pelumas untuk kendaraan. Dengan viskositas atau kekentalan yang stabil pada SAE 10W-40, oli ini sangat cocok untuk Innova bensin. Selain untuk Innova bensin, oli ini juga direkomendasikan sebagai oli Avanza. Shell Helix HX6 telah mendapat sertifikasi standar API SN, API SN+, ACEA A3/B3 dan ACEA A3/B4. Shell juga membekali produknya yang satu ini dengan Active Cleansing Technology yang dapat secara aktif membersihkan dan merawat komponen mesin.

2. TMO Bensin SAE 10W-40

Yang kedua adalah produk oli dari Toyota, yaitu TMO Lubricant. TMO sendiri adalah singkatan dari Toyota Motor Oil, yang artinya ini adalah oli dari Toyota dan tentunya disesuaikan dengan produk-produk mobil keluaran Toyota sendiri. Oli TMO bensin ini adalah oli sintetis yang tentunya sudah memiliki kestabilan lebih bagus dalam suhu tinggi maupun rendah. Jadi, jika kita membicarakan oli terbaik untuk mobil Toyota Innova bensin, maka oli TMO tidak boleh dilupakan. Meskipun memang disesuaikan dengan mobil-mobil Toyota, oli ini tetap sesuai dengan standar internasional dengan bukti telah berstandar SN.

3. TOP 1 Zenzation SAE 10W-40

TOP 1 Zenzation oli Innova

Selanjutnya ada oli dari TOP 1, yaitu TOP 1 Zenzation SAE 10W-40. Sama dengan rekomendasi sebelumnya, oli ini berbasis sintetik. Klaim dari TOP 1 sendiri kandungan sintetiknya 30% lebih banyak dibandingkan kandungan mineralnya. Oli TOP 1 Zenzation ini juga telah tersertifikasi API SN dan Euro 6 Standard. Teknologi Ester Fortified dan Max TBN dari TOP 1 juga menjadikan oli ini menciptakan respon sempurna bahkan ketika awal mesin dihidupkan dan memberikan perlindungan maksimal terhadap korosi. Oli ini bisa didapatkan dengan harga 109.000 untuk ukuran 1L dan 430.000 untuk ukuran 4L.

4. Castrol Magnatec SAE 10W-40

Castrol magnatec oli Innova

Selanjutnya adalah produk dari Castrol, yaitu Castrol MAGNATEC 10W-40. Oli ini diklaim mampu membentuk lapisan pelindung yang kuat, mengurangi keausan akibat kondisi mesin pertama kali dihidupkan dan kondisi berhenti-jalan hingga 50% dan memberikan perlindungan yang telah dipatenkan untuk berkendara di kondisi modern. Tentunya oli ini berbasis sintetik, jadi sudah memiliki ketahanan lebih baik daripada oli mineral. Terlebih, oli mobil yang satu ini memiliki sertifikasi API SP/CF yang merupakan standarisasi terbaru melebihi API SN+ dan ILSAC GF-5. Castrol Magnatec 10W-40 ini bisa dibeli di pasaran dengan harga 111.000 untuk ukuran 1L dan 411.000 untuk ukuran 4L.

5. Fastron Techno SAE 10W-40

Fastron Techno 10W-40 oli innova

Oli rekomendasi selanjutnya adalah produk lokal dalam negeri produksi Pertamina, yaitu varian Fastron Techno SAE 10W-40. Jangan meremehkan produk lokal, karena oli ini juga telah tersertifikasi API SN. Dengan base oil atau basis minyaknya adalah sintetik, tentunya layak disandingkan dengan oli produksi perusahaan-perusahaan besar dunia. Dengan teknologi NanoGuard, Fastron Techno SAE 10W-40 memberikan perlindungan terhadap mesin sehingga mesin menjadi lebih tahan lama. Oli ini bisa dibeli di Top Trust dengan harga 72.600 untuk ukuran 1L dan 285.000 untuk ukuran 4L. Langsung hubungi customer relation kami melalui tombol di bawah.

6. Shell Helix HX7 SAE 5W-40

Shell Helix HX7

Jika beberapa rekomendasi sebelumnya adalah tipe oli semi sintetik atau biasa juga disebut oli berbasis sintetik, maka yang terakhir adalah oli full sintetik. Lagi-lagi produk dari Shell memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sebagai salah satu produk Shell Helix untuk varian full sintetik, oli Shell Helix HX7 SAE 5W-40 ini cocok digunakan untuk oli mobil Innova terutama untuk keluaran terbaru. Untuk daftar oli rekomendasi sebelumnya, lebih direkomendasikan untuk Innova bensin yang sudah berumur 5 – 15 tahun. Sedangkan, untuk Innova bensin keluaran terbaru (0 – 10 tahun) lebih direkomendasikan untuk menggunakan Shell Helix HX7 karena memiliki basis full sintetik. Artinya hampir 99% kandungannya adalah bahan sintetik yang tentunya akan semakin ulet, semakin stabil tingkat kekentalannya pada suhu berapapun.

Selain itu, oli ini dibekali fitur Flexi Molecule dan LSPI Protection dari Shell yang akan membuatnya dapat menjangkau seluruh bagian komponen sepresisi apapun. Mesin akan semakin awet, bersih, dan terlindung dari suhu yang tinggi karena molekul-molekul oli ini akan secara otomatis aktif di saat suhu mesin naik.

Penulis