Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil Diesel/Solar

Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil Diesel/Solar – Terdapat 3 jenis mesin yang umum digunakan untuk mobil di Indonesia jika ditinjau dari bahan bakar yang digunakan. Mesin dengan bahan bakar bensin, mesin dengan bahan bakar solar atau biasa disebut mesin diesel, dan yang terbaru tentu saja mesin dengan bahan bakar listrik. Di artikel kali ini, kita akan membahas mesin mobil dengan bahan bakar solar, lebih tepatnya rekomendasi oli terbaik untuk mobil dengan mesin berbahan bakar solar.

Oli rekomendasi yang akan direkomendasikan oleh Top Trust tentu saja cocok dan memang disesuaikan dengan kebutuhan mobil-mobil yang dikenal masyarakat bermesin diesel, seperti Toyota Fortuner, Toyota Innova diesel, Mitsubishi Pajero Sport, Mitsubishi L300, Mitsubishi Triton, dan mobil diesel lainnya.

Berikut adalah oli diesel rekomendasi dari Top TrustDistributor oli mesin terlengkap.

Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil Diesel/Solar

TMO Diesel 15W-40
(Semi Sintetik)
Fastron Diesel 15W-40
(Semi Sintetik)
Shell Helix HX7 5W-40
(Full Sintetik)
Shell Helix HX5 15W-40
(Mineral)

Oli Mesin Diesel untuk Mobil Lama

Jika Anda adalah pengguna mobil berbahan bakar solar namun umurnya sudah tua, keluaran sebelum 2010 misalnya, kebutuhan oli mesin tentunya berbeda dengan mobil-mobil keluaran terbaru. Oli-oli berikut memiliki kekentalan tinggi dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan mesin lama. Dari produsen oli berikut juga menyarankan untuk pemakaian pada mobil berusia tua, 15 tahun ke atas.

Shell Helix HX3 20W-50
(Mineral)
Mesran B SAE 40
(Mineral)

Cara Mengetahui Sebuah Oli Bisa Digunakan untuk Mesin Diesel

Melihat rekomendasi oli di atas, tentunya ada di antara Anda yang berpikiran “bukannya ini oli mobil bensin”. Nah, perlu diketahui bahwa beberapa jenis oli memang diformulasikan untuk cocok digunakan berbagai jenis mesin. Shell Helix HX7, HX5, dan HX3 misalnya. Ketiga oli Shell Helix ini diciptakan untuk dapat digunakan sebagai oli mobil bensin maupun mesin diesel berbahan bakar solar.

Baca juga: Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil Bensin (BBM)

Namun, jika Anda masih bingung bagaimana mengetahui sebuah produk oli itu cocok untuk mesin diesel atau tidak, maka cara simpelnya tentu saja dengan melihat kemasannya. Umumnya, produsen yang memang mengkhususkan produk olinya untuk mesin diesel akan menuliskan label “Diesel” di kemasannya.

Jika Anda cek pada semua oli rekomendasi di atas, Anda akan menemukan label atau tulisan oli tersebut digunakan untuk mesin apa di kemasannya. Ada yang langsung dengan ukuran besar seperti pada TMO dan Fastron, tapi juga ada yang tertulis kecil seperti pada Shell Helix dan Mesran.

Baca juga: Perbedaan Varian Oli Mesin Shell Helix

Selain itu, Anda juga bisa melihat spesifikasi dari oli tersebut. Hampir semua oli yang beredar saat ini sudah tersertifikasi API. Jadi, untuk oli yang bisa digunakan untuk mesin diesel umumnya akan mencantumkan API C… di kemasannya.

  • API S… (SC, SL, SN, SP, dll): Cocok untuk bensin saja
  • API C… (CC, CD, CF, CH-4, dll): Cocok untuk solar/diesel saja
  • API S…/C… (SN/CH-4, dll): Cocok untuk mesin bensin & solar/diesel (Diutamakan bensin)
  • API C…/S… (CF/SN, dll): Cocok untuk mesin bensin & solar/diesel (Diutamakan solar/diesel)

Selain dari API, ada juga dari ACEA. Oli Shell umumnya menggunakan ACEA sebagai sertifikasi kecocokan oli untuk mesin diesel, disamping API untuk mesin bensin.

  • ACEA A… (A1, A3, A5): Cocok untuk bensin saja
  • ACEA B… (B1, B3, B4, B5): Cocok untuk diesel saja
  • ACEA A…/B… (A1/B1, A3/B3): Cocok untuk bensin dan diesel

Itulah rekomendasi oli mesin terbaik untuk mobil diesel berbahan bakar solar dari Top Trust. Untuk mendapatkan oli-oli rekomendasi di atas, Anda bisa langsung menghubungi sales online Top Trust. Dapatkan penawaran harga terbaik dan tanyakan promo yang sedang berlaku.

Penulis