Kapasitas Oli Toyota Avanza & Rekomendasi Oli yang Cocok

Kapasitas oli mobil toyota avanza

Kapasitas Oli Toyota Avanza & Rekomendasi Oli yang Cocok – Oli atau pelumas menjadi hal penting dan memang sangat krusial pada mesin mobil. Semua mesin mobil wajib dilumasi agar dapat bekerja secara optimal. Selain itu, oli juga penting untuk membersihkan kerak-kerak pada komponen mesin mobil. Setiap mesin mobil juga memiliki kebutuhannya tersendiri menyesuaikan dengan umur dan penggunaannya.

Penyesuaian dan kebutuhan ini tentu saja tidak berhenti pada jenis oli mineral atau sintetik, namun sampai pada tingkat kekentalan dan bahkan jumlah volumenya. Berbeda mobil, berbeda tipe mesin, bahkan berbeda tahun produksi bisa menyebabkan perbedaan kapasitas volume olinya.

Kali ini, toko oli mobil Top Trust akan berbagi kapasitas oli dari mobil Toyota Avanza. Jadi, untuk kalian para pengguna Avanza wajib membaca artikel ini sampai habis ya agar tidak salah paham.

Kapasitas Oli pada Toyota Avanza

Toyota Avanza sendiri memakai seri mesin 1NR-VE untuk varian 1.3E atau 1300 cc dan seri 2NR-VE untuk varian 1.5G atau 1500 cc. Sebenarnya di setiap mobil terdapat dipstick atau batang pengukur volume mobil. Nah, jika oli yang kalian isikan pada Avanza ini saat diukur dengan dipstick berada di antara tanda H (High) dan L (Low), maka itu sudah cukup dan normal. Namun, terkadang memang kita ingin tahu berapa liter sebenarnya kapasitas oli dari unit Toyota yang satu ini.

  • Tanpa ganti filter oli, cukup memakai 3.1L oli
  • Dengan ganti filter, isikan 3.3L oli

Itulah kapasitas oli dari mobil Avanza. Sebisa mungkin jangan sampai terlalu sedikit ya. Wajib di atas tanda L (Low) pada dipstick. Begitu juga sebaliknya, jangan sampai melebihi tanda H (High). Menjaga volume oli tetap pada tingkat standar juga penting untuk membuat kinerja oli tetap maksimal dalam melumasi komponen mesin.

Melihat kapasitas oli Avanza yang hanya kisaran 3L, maka untuk kalian yang berniat mengganti oli belilah oli mobil dengan volume 4L. Jika kalian hendak membeli oli mesin di toko oli terdekat, jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mesin mobil ya. Mulai dari kebutuhan kekentalan, jenis oli mineral atau sintetik, serta wajib juga untuk bisa membedakan oli asli dan oli palsu.

Untuk kalian yang masih belum tahu perbedaan oli mineral dan sintetik, alangkah baiknya untuk belajar lebih dalam karena ini berhubungan dengan kendaraan yang sehari-hari menjadi alat transportasi. Beda mesin, beda pelumas yang dibutuhkan.

Rekomendasi Oli Mesin untuk Toyota Avanza

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memillih oli mesin sesuai dengan kebutuhan mobil itu penting. Maka dari itu, untuk kalian pengguna Toyota Avanza, Top Trust juga akan memberikan rekomendasi oli yang cocok.

Avanza usia di atas 10 tahun

Sesuai dengan manual book Toyota Avanza, mobil ini cocok menggunakan oli dengan kekentalan SAE 5W-30 dan 10W-30. Untuk mobil dengan usia di atas 10 tahun, disarankan untuk menggunakan oli dengan kekentalan lebih tinggi. Jadi, di antara pilihan di atas, jika Avanza kalian berusia di atas 10 tahun, lebih bagus menggunakan oli dengan kekentalan SAE 10W-30.

Oli dengan spesifikasi tersebut ada banyak di pasaran, namun untuk rekomendasi dari Top Trust, kami menyarankan menggunakan oli Shell Helix HX6. Mengapa? Karena Shell Helix HX6 sudah berbasis semi sintetik dengan viskositas 10W-40 yang artinya sudah memiliki kandungan sintetik yang akan menjaga kekentalannya lebih stabil. Selain itu, varian oli Shell Helix ini juga sudah memiliki Active Cleansing Technology yang akan merawat dan menjaga komponen mesin tetap bersih dan dingin. Namun, jangan khawatir. Shell Helix HX6 ini juga bisa dan cocok kalian gunakan untuk Avanza dengan usia sampai 5 tahun, artinya Avanza keluaran baru-baru ini juga masih cocok menggunakannya.

Avanza usia di bawah 10 tahun

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, rekomendasi oli untuk Avanza adalah oli dengan kekentalan SAE 5W-30 dan 10W-30. Jika mobil tua membutuhkan oli dengan kekentalan lebih tinggi, maka sebaliknya, mobil lebih baru membutuhkan oli yang lebih encer atau viskositas lebih rendah. Hal ini disebabkan mesin-mesin yang masih sangat rapat sehingga pelumas yang lebih encer dapat menjangkau setiap sela-sela rongga mesin.

Untuk rekomendasi dari Top Trust ada oli Shell Helix HX Ultra full sintetik 5W-30. Dengan kandungan full sintetik dan dukungan Pure Plus Technology, oli Shell yang satu ini dapat memberikan perlindungan maksimal pada mesin pada suhu ekstrim dari -40°C sampai 1000°C. Namun, Shell Helix Ultra ini memang masih sangat mahal di pasaran. Harganya masih menyentuh 500 ribuan.

Sebagai solusi, kalian bisa menggunakan oli Shell Helix HX7 5W-40 yang juga sudah full sintetik dengan Flexi Molecule Technology. Oli ini memiliki tingkat kekentalan yang sama saat kondisi dingin (5W). Namun, meskipun memiliki kekentalan yang lebih tinggi pada suhu tinggi (40), oli ini tetap masih dalam taraf standar untuk Avanza terbaru. Karena dengan kandungannya yang full sintetik maka dapat menjaga kekentalannya meskipun pada suhu yang berubah-ubah. Ditambah lagi, harganya juga masih jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Shell Helix Ultra.

Nah, seperti itulah pembahasan lengkap mulai dari kapasitas oli hingga rekomendasi oli yang cocok untuk mobil Toyota Avanza baru maupun lama. Intinya adalah, kapasitasnya 3.1L jika tanpa ganti filter, dan 3.3L jika disertai penggantian filter. Sedangkan untuk rekomendasi oli yang cocok tergantung pada tahun produksi. Semakin baru mobil kalian, maka semakin encer oli yang kalian butuhkan untuk dapat melumasi setiap sela-sela komponen mesin.

Penulis